Search for collections on Undip Repository

Analisis Stakeholder dalam Program CSR-BUMN:Balkondes (Balai Ekonomi Desa)Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang /70/PEM/2020

Filia, Priska Grace and Alfirdaus, Laila Kholid (2020) Analisis Stakeholder dalam Program CSR-BUMN:Balkondes (Balai Ekonomi Desa)Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang /70/PEM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (498kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (884kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (836kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (252kB)

Abstract

Pembangunan masyarakat bukan lagi hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. Pihak ketiga, yakni perusahaan, juga bertanggung jawab dalam pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kementrian BUMN turut berpartisipasi dalam peningkatan ekonomi masyarakat denganmencetuskan pembangunan Balkondes (Balai Ekonomi Desa) di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Tentu tidak sendiri, melainkan mengajak 20 BUMN sebagai sponsor serta membentuk sebuah BUMN Pendamping yang terjun langsung guna mengakselerasi keberhasilan program, bersama masyarakat yang menjadi sasaran.
Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Sumber data primer didapat melalui wawancara narasumber. Sedangkan data sekunder berasal dari dokumen, artikel, dan sumber lain yang berhubungan dengan penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif untuk menganalisa data, menguraikannya dan menarik kesimpulan dari objek penelitian. Objek penelitian adalah masyarakat sebagai pengelola Balkondes, Pemerintah Desa, dan pihak BUMN terkait.
Hasil penelitian menunjukan bahwa relasi antar aktor yang terbentuk tidak lepas dari pasang-surut relasi kolaboratif dan konfliktual. Selalu ada pro dan kontra sejak dicetuskannya program Balkondes. Namun, keinginan masyarakat untuk meningkatkan taraf perekonomian serta kegigihan dari PT. Manajemen CBT Nusantara sebagai BUMN Pendamping mampu meredam konflik-konflik kecil yang sempat timbul. Masyarakat desa yang berdikari menjadi tujuan bersama jangka panjang dari program Balkondes.

Kata kunci: Analisis Stakeholder, Relasi Antar Aktor, Pemberdayaan Masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 13 Dec 2022 08:30
Last Modified: 13 Dec 2022 08:30
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10068

Actions (login required)

View Item View Item