Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN CO- BRANDING JOGJAMARK, 100% JOGJA, JOGJA TRADITION PEMERINTAH PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM PENGEMBANGAN UMKM /62/PEM/2020

Linanjung, Maharani Ajeng Putri and Abdulrahman, Wahid (2020) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN CO- BRANDING JOGJAMARK, 100% JOGJA, JOGJA TRADITION PEMERINTAH PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM PENGEMBANGAN UMKM /62/PEM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (402kB)
[img] Text
BAB I..pdf - Published Version

Download (759kB)
[img] Text
BAB II..pdf - Published Version

Download (819kB)
[img] Text
BAB III..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] Text
BAB IV..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (352kB)

Abstract

Upaya pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dengan membuat Peraturan Gubernur No.21 Tahun 2017 mengenai Pemberian Lisensi Co-Branding Jogjamark, 100% Jogja dan Jogja Tradition dalam Pengambangan UMKM. Hal ini dilakukan untuk membangun reputasi yang baik dan memberikan identitas pada produk asli daerah.
Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif menggunakan teori implementasi kebijakan Van meter van horn. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan menggunakan Triangulasi, Teori dan Sumber Data. Temuan Penelitian ini menunjukan implementasi kebijakan dilakukan sesuai dengan apa yang telah disusun di Pergub No. 21 tahun 2017. Dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan yang terjadi seperti kurangnya sosialisasi, kurangnya SDM dan kurangnya koordinasi antar pihak UPT BPKI dengan OPD di masing- masing kabupaten atau kota yang mengakibatkan minimnya jumlah pelaku UMKM yang terdaftar dalam Co-Branding. Mengingat banyaknya jumlah UMKM yang berada di wilayah DIY.
Berdasarkan kesimpulan,saran yang dapat diberikan adalah pelaksanaan akan lebih maksimal apabila agen pelaksana UPT BPKI melakukan pemerataan sosialisasi serta koordinasi kepada OPD lain untuk bekerjasama dalam melaksanakan kebijakan Co-Branding Jogjamark, 100% Jogja dan Jogja Traditon.

Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, UMKM, Co-Branding Jogjamark, 100% Jogja, Jogja Tradition.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 13 Dec 2022 06:35
Last Modified: 14 Dec 2022 07:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10059

Actions (login required)

View Item View Item