Search for collections on Undip Repository

RESOLUSI KONFLIK PEMBANGUNAN PASAR DESA SUMOWONO, DESA SUMOWONO, KEC. SUMOWONO, KAB. SEMARANG /61/PEM/2020

Ulfa, Lailiya Nuriya and Turtiantoro, Turtiantoro (2020) RESOLUSI KONFLIK PEMBANGUNAN PASAR DESA SUMOWONO, DESA SUMOWONO, KEC. SUMOWONO, KAB. SEMARANG /61/PEM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (75kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (76kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang proses pembangunan Pasar Pemerintah Desa Sumowono yang menarik untuk dibahas lebih lanjut karena pada prosesnya menemui berbagai masalah atau lebih spesifiknya terjadi konflik. Konflik yang terjadi dalam proses pembangunan ini terjadi pada saat awal pembangunan pasar desa oleh Pemerintah Desa Sumowono. Pada tahapan awal penggusuran kios-kios yang lokasinya berada di tanah milik desa menimbulkan aksi protes oleh pedagang yang menempati kios-kios tersebut sehingga menimbulkan konflik dan menghambat proses pembangunan pasar desa. Penelitian ini dimaksudkan untuk menelaah lebih dalam terkait Resolusi Konflik Pembangunan Pasar Desa Sumowono, Kec. Sumowono, Kab. Semarang.
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini berpedoman pada pertanyaan-pertanyaan kunci untuk menjawab permasalahan “Mengapa terjadi konflik dalam pembangunan Pasar Desa Sumowono, bagaimana penyelesaiannya, dan bagaiamana peran mediator dalam membantu penyelesaian konflik?”.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa yang menjadi penyebab konflik adalah adanya perbedaan pendapat dalam pembangunan Pasar Desa Sumowono antara pihak Pemerintah Desa Sumowono dengan pihak pedagang yang sebelumnya telah menempati tanah milik desa namun dalam pengelolaan Dinas Perdagangan Kabupaten Semarang. Adapun resolusi terhadap konflik tersebut diselesaikan dengan bantuan mediator yakni pihak-pihak dari Pemerintah Kabupaten Semarang.

Kata Kunci: Konflik, Pembangunan, Pasar Desa, Resolusi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 13 Dec 2022 06:30
Last Modified: 13 Dec 2022 06:30
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10058

Actions (login required)

View Item View Item