Search for collections on Undip Repository

EVALUASI IMPLEMENTASI SISKEUDES(SISTEM KEUANGAN DESA) ONLINE DI KABUPATEN PATI PADA TAHUN 2018-2020 / 60/PEM/2020

Wijayandanu, Kresna Aru and Astuti, Puji (2020) EVALUASI IMPLEMENTASI SISKEUDES(SISTEM KEUANGAN DESA) ONLINE DI KABUPATEN PATI PADA TAHUN 2018-2020 / 60/PEM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (785kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (373kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (621kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (922kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (487kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Aplikasi Sistem Keuangan Desa atau SISKEUDES Online merupakan salah satu aplikasi yang mempermudah pemerintah desa didalam pengelolaan keuangan desa.Kabupaten Pati menerapkan Aplikasi SISKEUDES, dengan tujuan agar pengelolaan keuangan desa dapat lebih transparan, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan aturan yang berlaku.Kabupaten Pati termasuk salah satu kabupaten di Indonesia yang berhasil didalam implementasi SISKEUDES Online secara serentak di seluruh desa (401 desa) di Kabupaten Pati.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan lebih dalam mengenai Evaluasi Implementasi Aplikasi SISKEUDES Online di Kabupaten Pati tahun 2018-2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dan studi dokumentasi yang dilakukan kepada informan-informan terkait.
Hasil penelitian ini adalah mendeskripsikan berbagai temuan di lapangan terkait Implementasi Aplikasi SISKEUDES Online di Kabupaten Pati yakni dengan diadakannya Bimbingan Teknis secara komunikatif, konsisten, serta jelas kepada seluruh operator dan OPD terkait didalam menggunakan aplikasi SISKEUDES Online, komitmen Pemerintah Kabupaten Pati didalam mengemban fungsi asistensi kepada desa dalam hal pengadaan sarana dan prasarana penunjang implementasi Aplikasi SISKEUDES, serta integritas dari Pemerintah Daerah Kabupaten Pati bersama OPD dan Instansi terkait secara birokratis dan terstruktur dengan baik. Untuk itu diperlukan evaluasi proses didalam mengevaluasi implementasi SISKEUDES (Sistem Keuangan Desa) Online di Kabupaten Pati. Didalam proses pelaksanaannya masih ditemukan beberapa faktor yang menjadi penghambat, tapi didalam praktek secara teknis seluruh desa di Kabupaten Pati sudah melakukan proses pelaksanaan mulai dari perencanaan sampai dengan pertanggungjawaban yang sudah relevan sesuai dengan peraturan yang berlaku dan dalam menjalankan aplikasi tersebut sudah terstruktur dengan baik.
Kata Kunci: Evaluasi Implementasi, SISKEUDESOnline, Keuangan Desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 13 Dec 2022 06:26
Last Modified: 13 Dec 2022 06:26
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10057

Actions (login required)

View Item View Item