Fajri, Irfan and Manar, Dzunuwanus Ghulam (2020) EVALUASI PENGELOLAAN PARKIR TEPI JALAN UMUM KOTA SEMARANG(TAHUN 2016-2019)/ 53/PEM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Full text not available from this repository.Abstract
Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi dari penulis yang dulunya pernah mendapatkan mata kuliah Politik Ketenagakerjaan dan membahas mengenai para juru parkir yang ada di Kota Semarang. Kemudian setelah dilakukan beberapa survey dan observasi ternyata masih banyak ditemukan terjadi kekurangan, masalah serta hambatan di dalam pengelolaan parkir di Kota Semarang itu sendiri. Hal ini menyebabkan berkurangnya penerimaan retribusi parkir dan otomatis mengurangi hasil Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) yang diterima oleh Pemerintah Daerah Kota Semarang setiap tahunnya.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu dengan melakukan wawancara dengan beberapa narasumber dan informan yang penulis butuhkan dalam pencapaian hasil penelitian yang penulis inginkan, serta juga melalui survey, observasi, serta dokumentasi. Penelitian ini menggunakan kajian literatur formulasi kebijakan dan Stakeholder Analysis. Narasumber dalam penelitian ini yaitu Kepala Seksi Pemungutan Bidang Parkir Dinas Perhubungan Kota Semarang, Kepala Seksi Penataan dan Perijinan Bidang Parkir Dinas Perhubungan Kota Semarang, Kepala Sub Bidang Penyuluhan dan Pelayanan Pendapatan Daerah, dan Kepala Sub Bidang Penatausahaan Retribusi pada Bidang Pendapatan Daerah Bukan Pajak, Bapenda, Kota Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan ditemukan bahwa dalam proses penetapan target retribusi parkir di Kota Semarang melibatkan banyak stakeholder diantaranya adalah DPRD Kota Semarang, Dinas Perhubungan Kota Semarang, Tim Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Tim Anggaran Pemerintah Daerah, serta juga Dinas Perhubungan sebagai pengelola urusan sektor parkir di Kota Semarang. Selanjutnya penulis juga menemukan jika penerimaan pemerintah daerah melalui retribusi sektor parkir belum maksimal secara keseluruhan. Bagaimana target retribusi parkir yang dikelola oleh Dinas Perhubungan Kota Semarang tidak pernah mencapai target dari yang sudah ditetapkan setiap tahunnya. Beberapa masalah yang ditemukan adalah banyak ditemukannya parkir liar, tidak adanya karcis parkir, para juru parkir yang tidak melakukan penyetoran, hingga adanya pemangku kepentingan lain yang terlibat dalam proses penarikan retribusi parkir tersebut.
Untuk itu, perlu adanya solusi dalam pengelolaan parkir tepi jalan umum tersebut yaitu harus lebih tegas dan disiplin dari dinas Perhubungan kepada para juru parkir nakal serta memberikan hukuman kepada para juru parkir ilegal melalui sosialiasi bersama beberapa stakeholder seperti Pol PP, Banser dan Pihak Kepolisian, serta juga lebih pengoptimalan dalam pengurusan KTA parkir oleh para juru parkir agar mereka sah dan diakui oleh Dinas Perhubungan Kota Semarang dan bukan lagi tergolong parkir ilegal.
Kata Kunci : Retribusi Daerah, Formulasi Kebijakan, Stakeholder
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science |
Depositing User: | Users 162 not found. |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 03:01 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 03:02 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10046 |
Actions (login required)
View Item |