Search for collections on Undip Repository

KAPITALISASI KELUARGA PENDOPO DALAM PEMASARAN POLITIK PARTAI NASDEM PADA PEMILU LEGISLATIF 2019 DI KABUPATEN BLORA /51/PEM/2020

Ishartono, Ilham and Turtiantoro, Turtiantoro (2020) KAPITALISASI KELUARGA PENDOPO DALAM PEMASARAN POLITIK PARTAI NASDEM PADA PEMILU LEGISLATIF 2019 DI KABUPATEN BLORA /51/PEM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER REVISI.pdf - Published Version

Download (765kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (801kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)

Abstract

Partai Nasdem merupakan partai yang mengalami kenaikan persentase suara dan kursi pada Pemilu Legislatif tahun 2019 di tingkat nasional, Pada tingkat lokal yaitu di Kabupaten Blora, Partai Nasdem juga mengalami kenaikan perolehan suara. Hasil kenaikan suara tersebut tidak terlepas dari pemasaran politik yang dilakukan. Partai Nasdem di Kabupaten Blora melaksanakan pemasaran yang dibantu oleh Bupati Blora yang masih menjabat. Simbolisme “ keluarga pendopo “ memiliki pengaruh yang kuat dari segi pendanaan, komunikator, dan pengalaman dalam Pemilihan Umum. Fenomena terebut menjadi menarik karena ada kemungkinan kapitalisasi Keluarga Pendopo dalam pemasaran politik Partai Nasdem.
Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif analisis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Kapitalisasi Keluarga Pendopo dalam Pemasaran Politik Partai Nasdem pada Pemilu Legislatif 2019 di Kabupaten Blora. Dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pengurus DPD Partai Nasdem Kabupaten Blora serta anggota yang terlibat dalam pemasaran politik pada Pemilu Legislatif 2019
Hasil Penelitian menunjukan bahwa Keluarga Pendopo memegang peranan yang besar dalam berbagai bentuk pemasaran politik Partai Nasdem di Kabupaten Blora. Jabatan startegis dalam susunan kepengurusan partai, permodalan tim saksi, hingga pembentukan citra kampanye menggunakan nomor urut merupakan kepentingan dari keluarga pendopo yang dimotori oleh Djoko Nugroho Bupati Blora. Demikian dengan faktor yang menyebabkan kenaikan suara juga bersumber dari elektabilitas pendampingan kelurga pendopo dalam membentuk basis suara dan berdampak pada penempatan 5 calon legislatif yang sesuai pesanan keluarga pendopo untuk mampu mewujudkan kursi parlemen.

Kata Kunci : Partai Nasdem, Keluarga Pendopo, Pemasaran Politik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 12 Dec 2022 06:56
Last Modified: 12 Dec 2022 06:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10038

Actions (login required)

View Item View Item