Search for collections on Undip Repository

HEGEMONI PARTAI POLITIK TERHADAP KINERJA ANGGOTA DEWAN PEREMPUAN DI DPRD PROVINSI JAWA TENGAH PERIODE 2019-2024 / 46/PEM/2020

Pratiwi, Febriyani Puspita and Astuti, Puji (2020) HEGEMONI PARTAI POLITIK TERHADAP KINERJA ANGGOTA DEWAN PEREMPUAN DI DPRD PROVINSI JAWA TENGAH PERIODE 2019-2024 / 46/PEM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover Skripsi.pdf - Published Version

Download (449kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (407kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (456kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)

Abstract

Keberadaan perempuan dalam lembaga legislatif merupakan bentuk partisipasi mutlak dalam proses demokrasi bangsa Indonesia. Dari pemaknaan tersebut diharapkan keberadaan mereka mampu melahirkan sensitifitas kebijakan yang berorientasi untuk kepentingan perempuan. Kenyataanya perempuan seringkali menemui hambatan dalam berpolitik, seperti aturan partai yang menekan independensi perempuan dan adanya dominasi jumlah laki-laki yang menduduki kursi dewan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hegemoni Partai Politik terhadap Kinerja Anggota Dewan Perempuan di DPRD Provinsi Jawa Tengah Periode 2019-2024 ditengah keberadaan hegemoni hegemoni ganda yang berasal dari partai politik dan dominasi laki-laki di lembaga perwakilan ini.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, teknik pengambilan data juga dilakukan dengan kajian pustaka dan telaah dokumen.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dalam melaksanakan fungsi legislatif perempuan berperan aktif dalam menyampaikan pendapat, namun dengan adanya system kolektif kolegial, perempuan belum mampu secara maksimal menyampaikan insiasi raperda secara mandiri. Dalam melaksanakan fungsi anggaran perempuan berperan secara aktif dalam proses perencanaan, pembahasan, penetapan serta monitoring dan evaluasi dalam penetapan APBD. Untuk pelaksaan fungsi pengawasan peran perempuan cukup aktif dengan melaksanakan reses, melaksanakan kunjungan kerja bersama mitra OPD dan menurut mitra OPD peran anggota dewan cukup aktif dalam menyuarakan kebutuhan konstituenya.
Dengan demikian walaupun berada dibawah bayang-bayang hegemoni partai politik sebagai tempat mereka bernaung dan adanya dominasi laki-laki dari segi kuantitatif, anggota dewan membuktikan bahwa mereka mampu menyapaikan pendapat dan berusaha berperan secara aktif sebagai anggota dewan dalam rangka mensejahterakan masyarakat Jawa Tengah.

Kata Kunci : Perempuan, Fungsi DPRD, Hegemoni, Kinerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 12 Dec 2022 06:19
Last Modified: 12 Dec 2022 06:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10032

Actions (login required)

View Item View Item