Search for collections on Undip Repository

PENERAPAN E-PLANNING SEBAGAI BENTUK SISTEM PERENCANAAN DAERAH BERBASIS TEKNOLOGI DI KABUPATEN DEMAK TAHUN 2018 - 2019 /39/PEM/2020

Maharani, Devita Dwi and Manar, Dzunuwanus Ghulam (2020) PENERAPAN E-PLANNING SEBAGAI BENTUK SISTEM PERENCANAAN DAERAH BERBASIS TEKNOLOGI DI KABUPATEN DEMAK TAHUN 2018 - 2019 /39/PEM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (466kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (424kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (520kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Upaya pemerintah dalam mewujudkan Good Governance dapat diwujudkan melalui Electronic Government for Good Governance yang terintegrasi mulai dari tingkat pemerintahan daerah hingga ke pusat. Hal ini bertujuan agar infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi yang akan dibangun dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk melakukan koordinasi dengan seluruh instansi, baik di pusat maupun di daerah. Penerapan good governance di Kabupaten Demak direalisasikan melalui aplikasi E-Planning dimana dalam penerapannya menemui banyak kendala
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa Wawancara dan Dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan Triangulasi Metode, Teori dan Sumber data.
Hasil penelitian tersebut terkait dengan pelaksanaan e-planning di Kabupaten Demak adalah implementasi Peraturan Daerah No. 2 Tahun 2018 yang merupakan tindak lanjut dari upaya mengintegrasikan penggunaan teknologi informasi dalam kegiatan pemerintahan, khususnya yang berkaitan dengan perencanaan pembangunan. Proses implementasinya merupakan modelling dari program serupa di Kabupaten Batang. Dalam hal ini Aplikasi E-Planning yang dijalankan masih dalam tahap web presence karena ketika dilihat dalam penerapannya website E-Planning tidak memberikan ruang yang interaktif bagi masyarakat. Proses inisiasi, penyediaan instrumen, sosialisasi dan persiapan telah dilakukan, namun dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa masalahantara lain server yang masih sering error dengan kapasitas jaringan yang terbatas, over capacity access sehingga menyebabkan operator menunggu beberapa saat untuk dapat login, terbatasnya sumber daya manusia yang mumpuni dalam bidang pemograman, masih terdapat banyak usulan yang tidak terakomodir dengan baik.Namun dengan semua masalah yang dihadapi upaya pemerintah Kabupaten Demak sejauh ini dinilai sudah cukup tanggap dalam menyelesaikan masalah dan kendala baik teknis dan non teknis yang dihadapi dalam penerapan E-Planning dapat dapat dilihat dari 3 aspek diantaranya Aspek Teknologi, ketika terjadi error pada server, tanggapan pemerintah Kabupaten Demak cukup cepat hanya beberapa saat sudah ditangani dan responnya cepat. Kemudian pada aspek birokrasi atau teknis, Ketika input dilakukan dalam satu lingkup di Bappeda, Pemerintah Kabupaten Demak menambah kapasitas jaringan internet pada waktu tertentu sehingga diharapkan dapat meminimalisir adanya error saat input. Kemudian ketika terjadi masalah yang mendesak tetapi pemerintah Kabupaten Demak tidak dapat menanganinya sendiri maka Pemerintah Kabupaten Demak melakukan koordinasi dengan Kabupaten Batang untuk menemukan solusi dalam permasalahan yang dihadapi. Pada aspek Sumber Daya Manusia, Bappeda Litbang tidak langsung melepas operator secara mandiri melainkan jika ada masalah atau operator tidak memahami Bappeda tetap melakukan bimbingan teknis sesuai dengan apa yang diharapkan.

Kata Kunci : Good Governance, E-Government, Implementasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 09 Dec 2022 07:15
Last Modified: 09 Dec 2022 07:15
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10003

Actions (login required)

View Item View Item