Search for collections on Undip Repository

PENERAPAN BIBLIOTERAPI DALAM PEMBENTUKAN SELERA BACA SISWA PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL RINGAN DI BALAI BESAR REHABILITASI SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL (BBRSPDI) “KARTINI” TEMANGGUNG

Kurniamita, Dyah Arum (2020) PENERAPAN BIBLIOTERAPI DALAM PEMBENTUKAN SELERA BACA SISWA PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL RINGAN DI BALAI BESAR REHABILITASI SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL (BBRSPDI) “KARTINI” TEMANGGUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.docx.pdf

Download (95kB)
[img] Text
abstract.docx.pdf

Download (24kB)
[img] Text
BAB 1.docx.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB 2.docx.pdf

Download (63kB)
[img] Text
BAB 3.docx.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB 4.docx.pdf

Download (54kB)
[img] Text
BAB 5.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
BAB 6.docx.pdf

Download (23kB)
[img] Text
Dapus.docx.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Skripsi_DyahArumKurniamita_13040116140052.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan biblioterapi pada siswa penyandang disabilitas intelektual ringan sebagai upaya pembentukan selera baca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode biblioterapi dapat dimanfaatkan untuk membentuk selera baca siswa penyandang disabilitas intelektual ringan di BBRSPDI “Kartini” Temanggung. Manfaat dari penelitian ini yaitu memberikan gambaran selera baca pada individu penyandang disabilitas intelektual ringan khususnya di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BBRSPDI)“Kartini” Temanggung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan action research (penelitian tindakan). Hasil dari penelitian memberikan gambaran bahwa penerapan biblioterapi ini menjadi metode yang tepat untuk mengajarkan siswa penyandang disabilitas intelektual ringan suatu keterampilan, pembiasaan hal yang baik, dan pemberian motivasi secara tidak langsung melalui bahan bacaan. Penerapan biblioterapi dalam pembentukan selera baca siswa penyandang disabilitas intelektual ringan ini melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi sebagai strategi tindak lanjut. Penerapan biblioterapi ini memberikan hasil yang rinci dan mendalam untuk mengetahui kebutuhan dan kesukaan siswa penyandang disabilitas intelektual ringan terhadap bahan bacaan. Oleh karena itu, penerapan biblioterapi ini dapat dijadikan metode tolok ukur pengadaan koleksi di Perpustakaan BBRSPDI "Kartini" Temanggung agar dapat memberikan kebutuhan bahan bacaan yang cocok sesuai dengan selera baca siswa penyandang disabilitas intelektual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Library Science
Depositing User: Mr sugeng priyanto
Date Deposited: 08 Dec 2022 02:53
Last Modified: 17 Jan 2023 14:08
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9974

Actions (login required)

View Item View Item