Salsabilla, Meifa Salma and Nurrahima, Artika (2022) Gambaran Kesiapan Bersekolah Anak di Desa Coprayan Kabupaten pekalongan. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Text
Meifa Salma Salsabilla_22020118130085-1-2.pdf Download (69kB) |
|
Text
Meifa Salma Salsabilla_22020118130085-3-4.pdf Download (89kB) |
|
Text
Meifa Salma Salsabilla_22020118130085-16-17.pdf Download (113kB) |
|
Text
Meifa Salma Salsabilla_22020118130085-18-25.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
|
Text
Meifa Salma Salsabilla_22020118130085-26-43.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
|
Text
Meifa Salma Salsabilla_22020118130085-44-64.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
|
Text
Meifa Salma Salsabilla_22020118130085-64-69.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
|
Text
Meifa Salma Salsabilla_22020118130085-70-90.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
|
Text
Meifa Salma Salsabilla_22020118130085-91-101.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
|
Text
Meifa Salma Salsabilla_22020118130085-91-101-copy-0.pdf Download (145kB) |
|
Text
Meifa Salma Salsabilla_22020118130085-102-131.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kesiapan bersekolah anak merupakan hal terpenting bagi anak untuk melewati
masa transisi dari TK menuju pendidikan Sekolah Dasar (SD). Anak usia
prasekolah memerlukan stimulasi yang tepat, sehingga dapat mengembangkan
pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh. Kesiapan bersekolah
akan memberikan manfaat serta kemajuan dalam perkembangan anak lebih lanjut.
Kesiapan bersekolah tidak hanya dilihat dari aspek usia saja, namun dilihat dari
beberapa aspek perkembangan anak diantaranya perkembangan fisik/motorik,
sosial, emosional, bahasa, kognitif, serta keterlibatan anak dalam pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan kesiapan bersekolah pada anak
TK di Desa Coprayan Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan studi
kuantitatif dengan pendekatan deskriptif survei. Responden penelitian sebanyak
105 anak usia prasekolah dengan menggunakan total sampling dari seluruh anak
TK di Desa Coprayan. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuisioner
Kesiapan Bersekolah yang diadaptasi dari Early Development Instrument (EDI) dan
dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa
sebagian aspek kesiapan bersekolah anak sudah bagus, namun pada aspek sosial
masih perlu ditingkatkan. Secara keseluruhan sebanyak 4 responden (4%) memiliki
kesiapan bersekolah “rendah”, 24 responden (23%) memiliki kesiapan bersekolah
“sedang”, dan 77 responden (73%) memiliki kesiapan bersekolah “tinggi”.
Berdasarkan hasil tersebut diharapkan orangtua dan pihak sekolah terus
memberikan stimulasi yang seimbang dari berbagai aspek perkembangan anak,
seperti fisik, sosial emosional, bahasa, kognitif, serta keterlibatan dalam
pembelajaran, agar anak lebih siap ketika memasuki Sekolah Dasar.
Kata Kunci : Kesiapan Bersekolah, Perkembangan Anak, Usia Prasekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine > Master Program in Nursing |
Depositing User: | Nisnaeni_ N_ Keperawatan_FK |
Date Deposited: | 02 Dec 2022 07:50 |
Last Modified: | 02 Dec 2022 07:50 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9916 |
Actions (login required)
View Item |