Sitanggang, Tety Yani Sri Rizky and Nurmalia, Devi (2022) Gambaran Kepuasan Mahasiswa Profesi Keperawatan terhadap Pembelajaran Klinik pada Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Text
Halaman Sampul.pdf Download (71kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
|
Text
Abstrak Indonesia dan Inggris.pdf Download (148kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
|
Text
Bab VI dan Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (918kB) |
Abstract
Pandemi covid-19 diketahui menyebabkan perubahan mendadak pada lingkungan
klinik. Perubahan situasi klinik tersebut diketahui menjadi hambatan bagi mahasiswa
dalam memperoleh kompetensi dan capaian pembelajaran di klinik. Studi terkait
masalah tersebut nampaknya juga masih terbilang jarang di Indonesia. Penelitian lebih
lanjut diperlukan untuk mengetahui kualitas pembelajaran dan kepuasan mahasiswa
terhadap praktik klinik pada masa pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mengetahui gambaran kepuasan mahasiswa profesi terhadap pembelajaran klinik pada
pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif survei.
Data diperoleh dari 125 mahasiswa profesi keperawatan menggunakan kuesioner skala
evaluasi CLES+T. Analisis data dilakukan secara statistik deskriptif. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa merasa sangat puas terhadap
pembelajaran klinik pada masa pandemi Covid-19. Kepuasan tertinggi diperoleh dalam
aspek perawatan di ruangan dan gaya kepemimpinan MB. Sedangkan, aspek dengan
persentase kepuasan terendah yaitu lingkungan pembelajaran. Kepuasan dalam
penelitian ini, khususnya aspek lingkungan pembelajaran, dapat ditingkatkan dengan
melibatkan peran dosen perawat. Dosen perawat dapat melakukan kunjungan rutin
yang terjadwal untuk mengevaluasi langsung keadekuatan lingkungan belajar
mahasiswa. Hasil evaluasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas
pembelajaran dan kepuasan terhadap setiap aspek dalam pembelajaran klinik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine > Department of Nursing |
Depositing User: | S.Hum Bekti Iskandar |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 08:18 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 08:18 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9889 |
Actions (login required)
View Item |