Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan School Engagement pada Siswa kelas XI MA Negeri 1 Sragen

Nurrohmah, Siwi and Indrawati, Endang Sri (2022) Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan School Engagement pada Siswa kelas XI MA Negeri 1 Sragen. Undergraduate thesis, undip.

[img] Text
Abstrak Siwi Nurrohmah_HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN SCHOOL ENGAGEMENT PADA SISWA KELAS XI MA NEGERI 1 SRAGEN.pdf

Download (118kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan school engagement pada siswa kelas XI MA Negeri 1 Sragen. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 423 siswa yang kemudian dilibatkan sebanyak 204 siswa yang berperan sebagai sampel, sampel penelitian diambil berdasarkan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan skala berbentuk likert, terdapat dua skala psikologi yaitu skala dukungan sosial teman sebaya disusun berdasarkan aspek dari Weiss (40 aitem; α = 0,923) dan skala School engagement disusun berdasarkan dimensi dari Fredricks, Blumenfeld dan Paris (28 aitem; α = 0,903), analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dengan nilai koefisien korelasi (rxy = 0,431 signifikansi p=0,000; p<0,05). Berdasarkan uji tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan school engagement pada siswa kelas XI MA Negeri 1 Sragen. Artinya, semakin tinggidukungan sosial maka semakin tinggi pula school engagement siswa tersebut, begitupun sebaliknya. Nilai koefisien determinasi (r² = 0,186) yang berarti, dukungan sosial teman sebaya memberikan sumbangan efektif sebesar 18,6% pada school engagement siswa kelas XI MA Negeri 1 Sragen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 02 Feb 2024 07:46
Last Modified: 02 Feb 2024 07:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9787

Actions (login required)

View Item View Item