Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PERTEMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK E-COMMERCE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO

Dwijayanti, Agnia Amanah and Sakti, Hastaning (2022) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PERTEMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK E-COMMERCE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI_Agnia Amanah Dwijayanti.pdf

Download (47kB)

Abstract

Salah satu cara untuk meminimalisir penyebaran virus Covid 19 adalah dilakukannya pembatasan sosial (social distancing). Semua kegiatan masyarakat dilakukan dengan teknologi, salah satunya adalah berbelanja. Saat ini belanja bisa dilakukan secara online dengan aplikasi belanja online atau biasa disebut e- commerce. Keputusan pembelian adalah penggalian informasi produk, seleksi pembelian, keputusan pembelian dan perilaku setelah dilakukan pembelian. Dua faktor dari keputusan pembelian adalah niat membeli dan keputusan pembelian. Salah satu yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian adalah rekomendasi dari mulut ke mulut, salah satunya dari teman. Kualitas pertemanan adalah sikap terhadap teman yaitu rasa nyaman, peduli, rendah konflik, keakraban, dan munculnya perilaku positif lainnya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pertemanan dengan keputusan pembelian produk e-commerce pada mahasiswa Universitas Diponegoro. Populasi penelitian sebanyak 10.190 mahasiswa Undip angkatan 2021 dengan jumlah sampel sebanyak 345 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan dua skala yaitu skala keputusan pembelian (17 aitem, a = 0,869) dan skala kualitas pertemanan (37 aitem, a = 0,926). Metode analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi Spearman’s Rho, yang kemudian didapatkan nilai koefisien rxy = 0,300 dan nilai signifikansi sebesar p < 0,001. Hal tersebut menunjukkan jika terdapat hubungan positif antara kualitas pertemanan dan keputusan pembelian produk e-commerce pada mahasiswa Universitas Diponegoro, yang artinya semakin tinggi kualitas pertemanan, maka semakin tinggi pula keputusan pembelian. Sebaliknya, semakin rendah kualitas pertemanan maka semakin rendah pula keputusan pembelian.
Kata Kunci: Kualitas Pertemanan, Keputusan Pembelian, E-commerce

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 02 Feb 2024 07:39
Last Modified: 02 Feb 2024 07:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9774

Actions (login required)

View Item View Item