Zayda, Qinanti Akhilla and Muniroh, Muflihatul and Sumekar, Tanjung Ayu (2022) PENGARUH CREATIVE HEALTH PROGRAM TERHADAP SELF-ESTEEM: Studi pada Siswa Sekolah Dasar di Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Text (COVER)
QINANTI AKHILLA ZAYDA-22010119140211-KTI-COVER.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB 1)
QINANTI AKHILLA ZAYDA-22010119140211-KTI-BAB 1.pdf Download (151kB) |
|
Text (BAB 2)
QINANTI AKHILLA ZAYDA-22010119140211-KTI-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
QINANTI AKHILLA ZAYDA-22010119140211-KTI-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
QINANTI AKHILLA ZAYDA-22010119140211-KTI-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
QINANTI AKHILLA ZAYDA-22010119140211-KTI-BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6)
QINANTI AKHILLA ZAYDA-22010119140211-KTI-BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
|
Text (DAPUS-LAMPIRAN)
QINANTI AKHILLA ZAYDA-22010119140211-KTI-DAPUS-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang: Creative Health Program merupakan suatu mini workshop yang berisi pemanasan, diskusi kelompok, menggambar, presentasi, dan bermain peran, kegiatan ini sebagai cara mendukung anak-anak untuk berpikir tentang komunitas lokal mereka. Interaksi sosial sangat penting untuk mengembangkan kognisi, emosi, keterikatan dan hubungan, serta menghasilkan perasaan self-worth dari umpan balik yang diterima dari orang lain. Pada masa pertengahan kanak-kanak hingga remaja, kemajuan kognitif memungkinkan pengaruh interpersonal teman sebaya pada self-esteem.
Tujuan: Menganalisis pengaruh Creative Health Program terhadap self-esteem pada siswa Sekolah Dasar di Semarang. Metode: Penelitian eksperimental dengan rancangan quasi eksperimental dengan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah 197 siswa kelas 5 Sekolah Dasar di Semarang, dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok perlakuan (n=100) yang mengikuti Creative Health Program dan kelompok kontrol (n=97) yang tidak mengikuti Creative Health Program. Self-esteem diukur dengan kuesioner Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES). Uji statistik menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney.
Hasil: Peningkatan signifikan (p<0,001) pada skor self-esteem kelompok perlakuan, dari 17,64 ± 2,57 menjadi 19,94 ± 3,56. Skor self-esteem post-test kelompok perlakuan (19,94 ± 3,56) lebih tinggi secara bermakna daripada kelompok kontrol (18,41 ± 2,41). Sedangkan, skor self-esteem pretest antara kedua kelompok terdapat perbedaan secara tidak bermakna (p=0,185).
Kesimpulan: Creative Health Program dapat meningkatkan self-esteem pada remaja.
Kata kunci: Creative Health Program, Self-esteem, Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Creative Health Program, Self-esteem, Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) |
Subjects: | Medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine > Department of Medicine |
Depositing User: | Upload Mandiri FK |
Date Deposited: | 09 Dec 2022 03:59 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 03:59 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9675 |
Actions (login required)
View Item |