Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI E-SERVICE PADA PENYELENGGARAAN PELAYANAN PERIZINAN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN KENDAL /17/PEM/2020

Subiyantoro, Luwihidayanto Jati and SULISTYOWATI, SULISTYOWATI (2020) IMPLEMENTASI E-SERVICE PADA PENYELENGGARAAN PELAYANAN PERIZINAN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN KENDAL /17/PEM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (254kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (458kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (102kB)

Abstract

AbstrakElektronic Government adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang diterapkan dan dikembangkan oleh pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tujuan dari Elektronic Government adalah meningkatkan efektifitas, efisiensi dan kualitas dari pelayanan pemerintah dengan memanfaatkan teknologi.Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana penerapan Elektronic Government dalam upaya menciptakan Good Government serta untuk mengidentifikasi faktor pendorong dan penghambat diterapkanya Elektronic Government di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kendal
Metode penelitian yang dipakai menggunakan jenis metode kualitatif dengan pendekatan triangulasi data yaitu observasi, wawancara dan data tertulis atau arsip. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Seksi Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan dan Kepala Seksi Data dan Sistem Informasi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kendal.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan perizinan berbasis elektronikdi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kendal masih tergolong dalam tahap Integration. Dimana Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kendal sudah menggunakan berbagai digitalisasi pelayanan untuk menunjang pelayanan, namun hal tersebut belum bisa terlaksana secara optimal. Terdapat 4 dari 5 jenis poin transformasi yang belum terpenuhi, diantaranya pelayanan kepada masyarkat menuju pelayanan oleh masyarakat, masyarakat tradisional menuju masyarakat online, kesenjangan digital menuju demokrasi digital dan manual berbasis dokumen menuju pemerintahan online. Terdapat 3 faktor yang menjadi penghambat penerapan Electronic Government di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kendal diantaranya struktur birokrasi, sumberdaya dan disposisi. Sedangkan faktor pendorongnya adalah Komunikasi yang dimiliki.
Kata Kunci: Electronic Government, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terapdu Satu Pintu Kabupaten Kendal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:53
Last Modified: 31 Oct 2022 03:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9533

Actions (login required)

View Item View Item