Kurniawati, Astri and Ardianto, Hendra Try (2020) Evaluasi Output Inovasi Pelayanan Publik BRT Trans Semarang Menggunakan Pembayaran Gopay / 09/PEM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Text
COVER.pdf - Published Version Download (810kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (474kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (396kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (622kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (247kB) |
Abstract
Penelitian mengevaluasi output inovasi pelayanan publik BRT Trans Semarang menggunakan pembayaran Gopay disertai dengan sudut pandang masyarakat sebagai pengguna jasa. Inovasi didukung oleh produk perusahaan swasta yaitu PT Dompet Anak Bangsadengan Pemerintah Kota Semarang yang menginginkan masyarakat Kota Semarang terbiasa menggunakan cashless dalam menunjang prinsip Semarang Smart City.
Penulis menggunakan metode campuran dengan memberikan pertanyaan kepada subyek penelitian dengan wawancara kepada pihak pelaksana teknis dan pengguna Semarang, stakeholder staff BRT Trans Semarang dan mengumpulkan data dilapangan serta dokumentasi dari obyek penelitian.Melihat inovasi pelayanaan BRT Trans Semarang menggunakan teori Roger dalam (Suwarno, 2008) keuntungan relatif, kompatibel, kerumitan, kemungkinan dicoba, atau mudah diamati.
Sedangkan dalam mengevaluasi output inovasi pelayanan publik kepada pengguna jasa BRT Trans Semarang menggunakan kriteria menurut William Dunn dalam (Fitriana, 2019, p. 19) yaitu efektivitas, kecukupan, pemerataan, responsivitas dan ketepatan, kebijakan yang telah dilakukan dengan melihat seberapa besar berdampak bagi masyarakat sebagai pengguna jasa.
Inovasi pelayanan publik yang dilakukan oleh Badan Layanan Umum UPTD Trans Semarang menggunakan Gopay sudah cukup baik, empat indikator dari enam kriteria yang digunakan sudah terpenuhi adalah efektifitas, efisiensi, kecukupan, perataan dan indikator lainnya yang belum terpenuhi adalah responsivitas serta ketepatan.
Kata kunci: Inovasi pelayanan publik, evaluasi pelayanan publik, BRT Trans Semarang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 02:40 |
Last Modified: | 31 Oct 2022 02:40 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9522 |
Actions (login required)
View Item |