Search for collections on Undip Repository

Analisis Dimensi Kepercayaan, Nilai Pasien Dan Loyalitas Pasien Di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Pada Masa Pandemi Covid-19

Afraniza, Yuzzi and zahroh, shaluhiyah and Arso, Septo Pawelas (2022) Analisis Dimensi Kepercayaan, Nilai Pasien Dan Loyalitas Pasien Di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Pada Masa Pandemi Covid-19. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Ringkasan Tesis Yuzzi Afraniza.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)

Abstract

Latar Belakang: Kepercayaan pasien terhadap praktek manajemen kebijakan dan staff pelayanan rumah sakit (PMK-RS dan S-RS) merupakan hal penting yang harus diwujudkan di masa pandemi Covid-19 agar dapat terbentuk rasa aman kepada pasien. Tingkat kepercayaan pasien pada layanan kesehatan sangat dipengaruhi oleh pengalaman pasien yang dapat membentuk nilai pasien, sehingga dapat mempengaruhi loyalitas pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh antara kepercayaan pasien dan/atau nilai pasien terhadap loyalitas pasien di Rumah Sakit Islam (RSI) Sultan Agung pada masa pandemi Covid-19.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 100 responden. Penelitian ini dilakukan di instalasi rawat jalan RSI Sultan Agung sejak bulan November - Desember 2021. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis lebih lanjut menggunakan structural equation model partial least square (SEM-PLS).
Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi operasional dan penyelesian masalah pada PMK- RS memiliki hubungan positif terhadap kepercayaan pasien pada PMK-RS (H1; H3 nilai t-statistik = 6.944 dan 2.111, dengan p<0.05) namun tidak untuk niat baik PMK-RS (H2: nilai t-statistik<1,96, p>0.05). Penyelesaian masalah S-RS merupakan faktor yang berpengaruh (H6:nilai t-statistik = 2.239, p<0.05) dalam dimensi kepercayaan S-RS namun tidak untuk kompetensi operasional S-RS dan niat baik S-RS (H4;H5). Kepercayaan pasien pada PMK-RS berpengaruh terhadap kepercayaan pasien pada S-RS (H7: nilai t-statistik = 5.994, p<0.05). Kepercayaan pasien pada S- RS berpengaruh terhadap nilai pasien (H9: nilai t-statistik =6.005, p<0.05). Nilai pasien memiliki hubungan positif terhadap loyalitas pasien (H10: nilai t-statistik =4.148, p<0.05). Kepercayaan pasien pada PMK-RS tidak berpengaruh terhadap nilai pasien, begitu juga kepercayaan pasien terhadap PMK-RS maupun S-RS terhadap loyalitas pasien (H8;H11;H12)
Kesimpulan dan saran: Analisis dari berbagai dimensi kepercayaan menunjukkan bahwa kompetensi operasional dan penyelesaian masalah berpengaruh terhadap kepercayaan pasien pada PMK-RS. Hanya variabel penyelesaian masalah yang berpengaruh terhadap kepercayaan pasien pada S-RS. Kepercayaan pasien pada S-RS berpengaruh terhadap nilai pasien begitu juga nilai pasien terhadap loyalitas pasien. Rumah Sakit harus melakukan evaluasi secara berkala terhadap standar protokol kesehatan dan memantau kesesuaian tingkat interaksi, pengetahuan, dan sikap staff pelayanan terhadap pasien pada masa pandemi Covid-19.

Kata Kunci : Covid-19, kepercayaan pasien, loyalitas, nilai, RS

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Master Program in Public Health
Depositing User: Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat
Date Deposited: 27 Oct 2022 06:39
Last Modified: 27 Oct 2022 06:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9475

Actions (login required)

View Item View Item