Search for collections on Undip Repository

Analisis Mutu Pelayanan Pada Pasien Covid – 19 Di Rawat Inap Rumah Sakit Keluarga Sehat Pati Jawa Tengah

Sulistyorini, Nanik and Jati, Sutopo Patria and Agushybana, Farid (2022) Analisis Mutu Pelayanan Pada Pasien Covid – 19 Di Rawat Inap Rumah Sakit Keluarga Sehat Pati Jawa Tengah. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Ringkasan Tesis Nanik Sulistyorini pdf.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2999.

Download (175kB)

Abstract

Rumah sakit keluarga sehat adalah rumah sakit Tipe C di kota Pati. Rumah sakit
keluarga sehat berkomitmen memberikan pelayanan kepada pasien dan mengutamakan
kualitas pelayanan. Menurut data sistem penanggulangan gawat darurat terpadu (SPGDT) di
kabupaten Pati RS. Keluarga Sehat mempunyai kapasitas untuk isolasi Covid -19 paling
banyak di bandingkan dengan rumah sakit lain di pati. Sehingga kunjungan rawat inap pasien
Covid -19 meningkat selama pandemi Covid – 19. Peningkatan kunjungan Rawat Inap pasien
Covid-19 pada saat gelombang kedua menyebabkan angka kematian pasien Covid-19 juga
semakin meningkat dari bulan Maret 2020 sampai dengan April 2021, dari total pasien yang
dirawat adalah 1036 kasus, jumlah meninggal 264 dengan CFR 25%. Berdasarkan angka
kunjungan rawat inap di Rumah Sakit Keluarga Sehat Tahun 2020 adalah 18.453 pasien, dan
kuisioner kepuasan pelanggan yang disurvei adalah 2.647 kuisioner atau 14,40 % didapatkan
kendala bahwa pasien di ruang isolasi Covid–19 sebagian pasien tidak mengisi kuisioner
dikarenakan kondisi pasien yang tidak memungkinkan untuk mengisi kuisioner tersebut.
Berdasarkan kuisioner tersebut masih didapatkan keluhan terkait admisnistrasi, fasilitas,
caring petugas, prosedur klinis dan pelayanan. Mutu pelayanan pada pasien Covid –19 di
rawat inap penting untuk dilakukan penelitian, karena dengan kualitas pelayanan dapat
diketahui tingkat kepuasan pasien selama di rawat di RS Keluarga Sehat Pati.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalis pengaruh mutu pelayanan kesehatan
pada pasien Covid – 19 yang terdiri dari Sumber Daya Manusia, Standar Operasional
Prosedur, Alat Kesehatan, Penatalaksanaan Medis dan Penatalaksanaan Non Medis
terhadap kepuasan pasien Covid – 19 selama di rawat inap RS Keluarga Sehat Pati.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian dengan menggunakan data
primer dan data sekunder. Data primer diambil dari wawancara kepada informan utama dan
informan triangulasi. Data sekunder diperoleh dari data rekam medis pasien .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih kurangnya sumber daya manusia baik
tenaga dokter dan perawat, perbaikan prosedur dalam penulisan pada lembar form
penggantian infus dan pengisian lembar EWS pada rekam medis, penjadwalan yang belum
rutin terkait maintenance alat kesehatan, evaluasi yang belum dilakukan oleh komite medik
dalam penanganan pasien Covid , dan caring perawat dalam merawat pasien Covid – 19 yang
sudah dilaksanakan dengan baik.
Mutu pelayanan yang diberikan pada pasien Covid – 19 yang di rawat inap cukup baik
dengan di dukung tidak adanya keluhan terkait fasilitas alat kesehatan dan penatalaksanaan
medis maupun non medis. Akan tetapi masih perlu dilakukan perbaikan pada pemenuhan
sumber daya manusia dan standar operasional prosedur.
Kata Kunci : mutu, pelayanan Kesehatan, rumah sakit
Pustaka : 39 (2001-2020)
Abstract
Keluarga Sehat hospital is a Type C hospital at Pati. The hospital

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Master Program in Public Health
Depositing User: Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:51
Last Modified: 27 Oct 2022 03:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9461

Actions (login required)

View Item View Item