Rifiyana, Efa (2022) Survei Transformasi Pengetahuan Mahasiswa Keperawatan dengan Metode Pembelajaran Online. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Text
EFA RIFIYANA-1.pdf Download (243kB) |
|
Text
EFA RIFIYANA-4-5.pdf Download (352kB) |
|
Text
EFA RIFIYANA-19-20.pdf Download (349kB) |
|
Text
EFA RIFIYANA-21-50.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) | Request a copy |
|
Text
EFA RIFIYANA-51-65.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) | Request a copy |
|
Text
EFA RIFIYANA-66-92.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text
EFA RIFIYANA-93-151.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Coronavirus Disease (Covid-19) telah meluas ke 215 negara di dunia. Pandemi
tersebut menghasilkan kebijakan yang berdampak pada bidang pendidikan.
Pembelajaran dari metode konvensional diubah menjadi metode online.
Perubahan tersebut mendorong adaptasi baru pemanfatan teknologi untuk
mendukung keberlangsungan proses pembelajaran. Proses pembelajaran online di
Indonesia belum dilaksanakan seacara maksimal, karena adanya ketidaksiapan
pengajar dan pembelajar. Proses adaptasi yang terdapat hambatan berdampak
pada transformasi pengetahuan mahasiswa dengan metode pembelajaran online.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui transformasi pengetahuan mahasiswa
keperawatan dengan metode pembelajaran online meliputi relevansi, reflective
thinking, interaktifitas, tutor support, peer support, dan interpretasi. Metode
penelitian menggunakan deskriptif survei. Pengambilan sampel dengan teknik
total sampling. Responden dalam penelitian adalah mahasiswa Program Studi S1
Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro angkatan 2018
sebanyak 128 mahasiswa. Data diambil menggunakan kuesioner Constructivist
Online Learning Environment Survey (COLLES). Transformasi pengetahuan
mahasiswa keperawatan dengan metode pembelajaran online mayoritas pada
kategori kurang sebanyak 70 responden (54,7%). Komponen tertinggi terdapat
pada komponen relevansi (16,90 ± 1,915) dan terendah komponen reflective
thinking (14,55 ± 2,255) dan interaktifitas (14,55 ± 2,559). Mahasiswa dapat
meningkatkan transformasi pengetahuannya dengan cara lebih aktif dalam
memberi dan menanggapi pendapat, meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan
saling memuji kontribusi antar teman saat pembelajaran. Selain itu, dosen dapat
meningkatkan kemampuan untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif, inovatif
dan interaktif.
Kata Kunci: pembelajaran online, transformasi pengetahuan, mahasiswa
keperawatan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine > Department of Nursing |
Depositing User: | Nisnaeni_ N_ Keperawatan_FK |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 08:07 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 07:25 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9351 |
Actions (login required)
View Item |