Search for collections on Undip Repository

ANALISIS KEPUASAN PEMASOK TERHADAP PROSES PENGADAAN BARANG DAN JASA SERTA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA DI RSUP DR. KARIADI SEMARANG

Andriani, Dian and Arso, Septo Pawelas and Raharjo, Mursid (2022) ANALISIS KEPUASAN PEMASOK TERHADAP PROSES PENGADAAN BARANG DAN JASA SERTA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA DI RSUP DR. KARIADI SEMARANG. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
RINGKASAN TESIS DIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2999.

Download (212kB)

Abstract

Abstrak
RSUP Dr. Kariadi wajib memberikan kepuasan kepada pelanggan internal
dan eksternal yang terdiri dari pasien, keluarganya, pengunjung, dan juga
pemasok barang dan jasa. Kepuasan pemasok penting bagi RS agar pemasok
loyal kepada rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis
faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pemasok barang dan jasa di RSUP
Dr. Kariadi pada masa non pandemi. Evaluasi terhadap kepuasan pemasok
selama ini belum pernah dilakukan.
Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dengan desain penelitian cross
sectional. Jumlah sampel sebanyak 75 dari populasi sebanyak 269 pemasok
yang bekerja sama dengan RSUP Dr. Kariadi pada tahun 2019 di masa non
pandemi. Metode pengambilan sampel adalah proportional random sampling
agar dapat mewakili kelompok pemasok yang dibedakan berdasarkan metode
pengadaannya. Analisis bivariat menggunakan chi square test sedangkan
analisis multivariat menggunakan regresi logistik.
Hasil penelitian menunjukkan 82,7% pemasok puas dengan proses
pengadaan barang dan jasa di RSUP Dr. Kariadi sedangkan 17,3% pemasok
merasa tidak puas. Hasil analisis bivariat menunjukkan kualitas layanan,
komitmen, komuikasi, prosedur pembayaran, dan kebijakan pembayaran
berhubungan dengan kepuasan pemasok.. Berdasarkan analisis multivariat
diketahui bahwa faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pemasok
adalah komitmen dan kebijakan pembayaran.
Disarankan kepada pihak RSUP Dr. Kariadi untuk meningkatkan pelayanan
kepada pemasok dengan memperbaiki kualitas layanan, memperbaiki
komunikasi, meningkatkan komitmen, melaksanakan prosedur pengadaan dan
melaksanakan kebijakan pembayaran sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Evaluasi proses pengadaan barang dan jasa juga perlu dilakukan untuk
mengetahui tingkat kepuasan pemasok..
Kata kunci : RSUP Dr. Kariadi, kepuasan pemasok, pengadaan barang dan jasa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Master Program in Public Health
Depositing User: Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat
Date Deposited: 13 Oct 2022 06:36
Last Modified: 13 Oct 2022 06:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9272

Actions (login required)

View Item View Item