Aji, Prabu Bimo and Husna, Jazimatul (2020) PERAN PERPUSTAKAAN KOMUNITAS SAHABAT TENGGANG SEMARANG SEBAGAI SARANA BELAJAR BAGI ANAK-ANAK DI KAMPUNG TENGGANG KECAMATAN GAYAMSARI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
The study tittle is The Role of Comunity Library “Sahabat Tenggang” Semarang as a learning tool for children in the Tenggang Village, Gayamsari District, Semarang City. The purpose of this study the role of Community Library “Sahabat Tenggang” Semarang as a learning tool for children in Tenggang Village, Gayamsari District, Semarang City. This research use qualitatif reseach design and descriptive reseach type. Informants in this study were the foundes Community Library “Sahabat Tenggang” Semarang and five visit library. Data collection technique use were interviews, observation, and study document with data analysis technique using model of Miles and Huberman that includes data reduction, data presentation, and conclusions/verification. The result this study, the Community Library Sahabat Tenggang Semarang took a role in the field of learning. Learning activities carried out by the Community Library “Sahabat Tenggang” Semarang are places for learning. From children where many activities that are beneficalto children arround the library are needed. In terms of the role helping children to get access to learning facilities better by providing various types of reading books such as comics, short stories, ensiklopedia, and others, educating including showing films and educational tours one of which is being screened to fire fighter, and developing such as performances, making crafts from recycling waste.
Penelitian ini berjudul “Peran Perpustakaan Komunitas Sahabat Tenggang Semarang sebagai sarana belajar bagi anak-anak di Kampung Tenggang Kecamatan Gayamsari Kota Semarang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Perpustakaan Komunitas Sahabat Tenggang Semarang sebagai sarana belajar bagi anak-anak di Kampung Tenggang Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah pendiri Perpustakaan Komunitas Sahabat Tenggang Semarang, dan lima orang pengunjung perpustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan simpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini, Perpustakaan Komunitas Sahabat Tenggang mengambil peran dalam bidang belajar. Kegiatan belajar yang dilakukan oleh Perpustakaan Komunitas Sahabat Tenggang adalah tempat untuk pembelajaran, dari anak-anak dimana terdapat banyak kegiatan yang bermanfaat bagi anak-anak di sekitar lokasi perpustakaan tersebut, dari segi peran membantu para anak-anak untuk mendapat akses sarana belajar yang lebih baik dengan cara menyediakan berbagai jenis buku bacaan seperti cergam, cerpen, ensiklopedia dan lain-lain, mengedukasi berupa pemutaran film dan wisata edukatif salah satunya berkunjung ke pemadam kebakaran, dan mengembangkan keterampilan seperti pentas-pentas, membuat kerajinan dari daur ulang sampah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Humanities |
Divisions: | Faculty of Humanities > Department of Library Science |
Depositing User: | Users 17 not found. |
Date Deposited: | 13 Oct 2022 03:33 |
Last Modified: | 13 Oct 2022 03:33 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9259 |
Actions (login required)
View Item |