Search for collections on Undip Repository

STRATEGI PEMASARAN LAYANAN UNGGULAN SUBSPESIALIS GASTROENTEROHEPATOLOGI DI RSUD PANDAN ARANG BOYOLALI

Hapsari, Ika Sulistyaningrum and Jati, Sutopo Patria and Arso, Septo Pawelas (2022) STRATEGI PEMASARAN LAYANAN UNGGULAN SUBSPESIALIS GASTROENTEROHEPATOLOGI DI RSUD PANDAN ARANG BOYOLALI. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Ringkasan Tesis Ika Sulistyaningrum Hapsari.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2999.

Download (228kB)

Abstract

Abstrak
Rumah sakit sebagai tempat penyedia pelayanan jasa bersifat sangat
dinamis, dan kompetitif. Setiap rumah sakit memiliki layanan unggulan dengan
tujuan untuk menarik pelanggan dan menjadi kekuatan bersaing dengan rumah
sakit yang lain. Layanan subspesialis KGEH telah ada di RSUD Pandan Arang
sejak Tahun 2019 dan telah ditetapkan sebagai layanan unggulan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat. Salah satu cara
menetapkan strategi pemasaran adalah dengan analisis SWOT.
Penelitian ini dilakukan bulan Oktober-Desember 2021 di RSUD Pandan
Arang Boyolali yang bersifat deskriptif-analitik dengan pendekatan kualitatif.
Teknik pengumpulan data primer adalah wawancara mendalam, FGD dan
observasi lapangan; sedangkan data sekunder diambil dari data dokumen dari RS,
Data BPS dan Data Dinas Kesehatan Kabupaten.
Hasil penelitian didapatkan layanan unggulan subspesialis
Gastroenterohepatologi mengalami penurunan jumlah kunjungan dari tahun 2021
dibandingkan tahun 2020. Rumah Sakit berupaya terus melakukan upaya
pengembangan layanan agar dapat menjadi rujukan pelayanan di Wilayah Boyolali
dan Sekitarnya. Proses identifikasi faktor internal dan eksternal yang
mempengaruhi pelayanan KGEH didapatkan faktor kekuatan, kelemahan, peluang
dan ancaman bagi pelayanan tersebut. Hasil analisis SWOT terhadap faktor-faktor
tersebut didapatkan berada di Kudran I dengan Strategi Agresif, sedangkan
matriks IE didapatkan layanan tersebut berada pada posisi V yaitu Growth
Strategy. Berdasarkan kedua matrik tersebut strategi pemasaran yang sesuai
adalah Strategi Streght Opportunity, yaitu dengan memanfaatkan kekuatan dalam
menghadapi berbagai peluang, dimana bagi layanan Subspesialis KGEH ini
Rumah Sakit melakukan pelayanan Promosi Pelayanan Secara Agresif, agar
dikenal masyarakat luas, dengan tetap mempersiapkan layanan terbaik untuk
pelanggan, sehingga pelanggan puas dengan pelayanan karena sesuai dengan
harapan yang terbentuk dari proses promosi pelayanan yang agresif
Kata kunci: Layanan Unggulan , Strategi Pemasaran , SWOT

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Master Program in Public Health
Depositing User: Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat
Date Deposited: 12 Oct 2022 07:32
Last Modified: 12 Oct 2022 07:32
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9239

Actions (login required)

View Item View Item