Hadiwinoto, Jessica Septiana and Rahmiaji, Lintang Ratri and Pradekso, Tandiyo (2021) PENGARUH DAYA TARIK BRAND AMBASSADOR DAN INTENSITAS KOMUNIKASI ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BERTRANSAKSI DI LAZADA /63/KOM/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Text
Cover_Jessica SH.pdf - Published Version Download (674kB) |
|
Text
BAB I_Jessica SH.pdf - Published Version Download (755kB) |
|
Text
BAB II_Jessica SH.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB III_Jessica SH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (496kB) |
|
Text
BAB IV_Jessica SH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
|
Text
BAB V_Jessica SH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_Jessica SH.pdf - Published Version Download (687kB) |
Abstract
Fenomena belanja online kini makin meluas dan banyak diminati oleh masyarakat. Berbagai e-commerce hadir di Indonesia dan berlomba-lomba untuk menjadi nomor satu. Selain itu muncul fenomena Hallyu/ Korean Wave yang membuat e-commerce menggaet brand ambassador asal Korea Selatan untuk mewakili brand mereka. Lazada sebagai salah satu e-commerce di Indonesia juga turut menerapkan strategi ini, untuk pertama kalinya Lazada menggunakan brand ambassador yang diharapkan dapat meningkatkan minat bertransaksi di Lazada. Selain itu, data menunjukkan 24% masyarakat mendapatkan informasi mengenai e-commerce melalui komunikasi word of mouth, yang pada saat ini dapat juga terjadi melalui perantara internet atau disebut electronic word of mouth. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik brand ambassador dan intensitas komunikasi electronic word of mouth terhadap minat bertransaksi di Lazada.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Source Attractiveness dan teori Lingkungan Informasi Pembeli. Pengujian dilakukan dengan uji regresi sederhana dengan teknik non-probability sampling.Sampel yang digunakan sebanyak50 orang dengan usia 18-25 tahun, mengetahui brand ambassador Lazada, pernah membicarakan Lazada melalui online. Hasil penelitian menunjukkan daya tarik brand ambassador (X1) terhadap minat bertransaksi di Lazada (Y) memiliki nilai signifikasi sebesar 0,025 yang berarti menunjukkan pengaruh. Lalu,intensitas komunikasi electronicword of mouth (X2) terhadap minat bertransaksi di Lazada (Y) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,006 yang berarti juga menunjukkan pengaruh.
Kata Kunci : Daya Tarik Brand Ambassador, Intensitas Komunikasi ElectronicWord of Mouth, Minat Bertransaksi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 07 Oct 2022 06:20 |
Last Modified: | 07 Oct 2022 06:20 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9165 |
Actions (login required)
View Item |