Search for collections on Undip Repository

Hubungan Antara Intensitas Bermain Game Online PUBG Mobile dan Konformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Agresif Pada Remaja /50/KOM/2021

Praswanda, Yusrizal Bagoes and Santoso, Hedi Pudjo and Pradekso, Tandiyo (2021) Hubungan Antara Intensitas Bermain Game Online PUBG Mobile dan Konformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Agresif Pada Remaja /50/KOM/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (354kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf - Published Version

Download (108kB)
[img] Text
4. BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
6. BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (25kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas bermain
game online PUBG Mobile dan konformitas teman sebaya dengan perilaku agresif
pada remaja. PUBG Mobile (Player Unknown’s Battleground) saat ini menjadi
salah satu game online yang banyak dimainkan oleh kalangan remaja. Menurut
data, sebanyak 555 juta orang di seluruh dunia mengunduh game online PUBG
mobile dan Indonesia sendiri memasuki peringkat kedua pemain aktif PUBG
mobile terbanyak setiap bulannya dengan jumlah pemain aktif sebanyak 100juta
setiap bulannya. Banyaknya pemain dengan intensitas bermain para pemain PUBG
akan mengakibatkan para pemain tersebut akan berperilaku agresif. Perilaku agresif
sendiri terjadi karena beberapa faktor, salah satunya ada konformitas sebaya. Yang
mana, para remaja akan menirukan perilaku teman satu kelompoknya dengan tujuan
agar diterima dalam kelompok tersebut. Jika teman kelompok berperilaku agrewsif
maka remaja tersebut akan menirukan dan juga berperilaku agresif.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori General Aggression
Model (GAM) dan Teori Belajar Sosial.Untuk menentukan sampel, penelitian ini
menggunakan teknik non-probability sampling. Jumlah sampel yang diteliti
berjumlah 100 responden dengan karakteristik aktif bermain game online PUBG
mobile dengan usia 18-22tahun.
Pengujian pada penelitian ini menggunakan Uji Korelasi Pearson Product
Moment. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hubungan antara intensitas
bermain game online PUBG mobile dengan perilaku agresif memiliki nilai
signifikansi sebesar 0,000 yang artinya adalah sangat signifikan dengan nilai
koefisien korelasi 0,342.Kemudian, hubungan antara konformitas teman sebaya
dengan perilaku agresif pada remaja memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 yang
artinya signifikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,481.
Kata Kunci : PUBG Mobile, Konformitas Teman Sebaya, Perilaku Agresif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 07 Oct 2022 01:45
Last Modified: 07 Oct 2022 01:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9141

Actions (login required)

View Item View Item