Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Terpaan Promosi Penjualan dan Terpaan E-Word of Mouth #ShopeeHaul di TikTok terhadap Perilaku Impulse Buying /47/KOM/2021

Aurelia, Gabby and Setyabudi, Djoko and Manalu, S.Rouli (2021) Pengaruh Terpaan Promosi Penjualan dan Terpaan E-Word of Mouth #ShopeeHaul di TikTok terhadap Perilaku Impulse Buying /47/KOM/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (683kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (121kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (176kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh terpaan promosi penjualan (X1) dan
terpaan e-Word of Mouth #ShopeeHaul di TikTok (X2) terhadap perilaku impulse
buying (Y). Seiring dengan munculnya pandemi Covid-19, 61% masyarakat mengaku
mengalami penurunan pendapatan, namun nilai transaksi e-commerce melonjak tinggi
hingga 91% yang mayoritas dikuasai oleh Shopee. Mencapai kesuksesan dalam bisnis
e-commerce di toko online di Indonesia memerlukan strategi, salah satunya dengan
penyebaran mengenai informasi produk, dalam bentuk promosi penjualan atau e-Word
of Mouth di media sosial, salah satunya di TikTok. Namun, ternyata kedua hal ini dapat
mempengaruhi perilaku konsumen dalam berbelanja bahkan memicu perilaku
pembelian impulsif. Penelitian ini menggunakan penelitian terdahulu sebagai dasar
penurunan hipotesis dan menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan teknik
pengambil sampel secara non-probability sampling dengan metode convenience
sampling. Sampel berjumlah 100 orang dengan karakteristik pengguna sosial media
berusia 18- 40 tahun di Indonesia.
Hasil uji hipotesis terpaan promosi penjualan (X1) terhadap perilaku impulse
buying (Y) menunjukkan nilai signifikansi 0,007, yang artinya terdapat pengaruh yang
signifikan dan hipotesis di terima. Untuk nilai signifikansi pada uji hipotesis terpaan eWOM
#ShopeeHaul
di
TikTok
(X2)
terhadap
perilaku
impulse
buying
(Y)
adalah
0,031,

yang
artinya

terdapat pengaruh yang signifikan dan hipotesis diterima. Penelitian ini
mengharapkan agar pihak-pihak yang bersangkutan terutama pelaku impulse buying
serta penjual Shopee dapat memahami lebih baik mengenai adanya impulse buying akibat terpaan promosi penjualan dan terpaan e-WOM #ShopeeHaul yang justru
memberikan dampak negatif, yaitu perilaku impulse buying. Maka dari itu, konsmen
harus lebih berhati-hati dalam menggunakan uangnya agar tidak terbiasa untuk hidup
boros terutama di masa pandemi ini. Namun, perilaku impulse buying dapat
menguntungkan bagi penjual dan Shopee, sehingga penelitian ini diharapkan dapat
memberikan informasi untuk menciptakan ide-ide baru kepada penjual Shopee untuk
meningkatkan penjualan mereka.

Kata Kunci: Impulse Buying, Terpaan Promosi Penjualan, Terpaan E-Word of
Mouth

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 06 Oct 2022 06:47
Last Modified: 06 Oct 2022 06:47
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9114

Actions (login required)

View Item View Item