Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN BRAND IMAGE DAN KREDIBILITAS INFORMASI SMARTPHONE ASUS DALAM PEER GROUP DENGAN MINAT BELI SMARTPHONE ASUS SERI ZENFONE 6 /45/KOM/2021

Ningrum, Viola Cahaya and Setyabudi, Djoko and Nugroho, Adi (2021) HUBUNGAN BRAND IMAGE DAN KREDIBILITAS INFORMASI SMARTPHONE ASUS DALAM PEER GROUP DENGAN MINAT BELI SMARTPHONE ASUS SERI ZENFONE 6 /45/KOM/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER SKRIPSI-.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (572kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (507kB)

Abstract

Asus yang diawal kemunculannya pernah mengguncang penjualan smartphone
di Indonesia dengan menghadirkan seri Zenfone sebanyak tiga macam sekaligus.
Keluarnya istilah penyebutan “HP kacang goreng” untuk seri Zenfone, dikarenakan
penjualan Asus meningkat drastis dan menyasar hampir semua kalangan. Namun
kenyatannya pergerakan smartphone Asus dalam memasuki pasar di Indonesia tidak
berjalan mulus. Tiga tahun keberjalannya, membuat Asus tidak lagi menjadi TOP Brand
bahkan terlempat dari lima besar. Bahkan perbincangannya di kalangan komunitas-
komunitas juga berangsur menghilang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan
hubungan antara brand image dan tingkat kepercayaan informasi smartphone Asus
dalam peer group dengan minat beli smartphone Asus seri Zenfone 6.
Penelitian ini menggunakan teori respon kognitif dan teori Reasoned Action
dengan teknik pengambilan sampel berupa non probability sampling. Sampel berjumlah
60 orang dengan karakteristik masyarakat di Kota Semarang yang berumur 18-35 tahun
dan mengetahui brand smartphone Asus (pernah dan sedang memakai smartphone
Asus).
Pengujian pada penelitian ini menggunakan uji korelasi Kendall Tau B. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa hubungan brand image dengan minat beli smartphone
Asus seri Zenfone 6 memiliki nilai signifikasi sebesar 0,000 yang dapat diartikan sangat
signifikan dengan nilai korelasi sebesar 0,440 yang memiliki arti keeratan berada di
skala kuat dan memiliki arah hubungan yang positif. Selanjutnya, hubungan tingkat
kepercayaan informasi smartphone Asus dalam peer group dengan minat beli
smartphone Asus seri Zenfone 6 memiliki nilai signfikasi sebesar 0,014 yang berarti
signifikan dengan nilai korelasi sebesar 0,231 yang berarti keeratan berada di skala
lemah dan arah hubungan yang dimiliki positif.
Kata Kunci: Brand Image, Kredibilitas Informasi dalam Peer Group, Minat Beli,
Smartphone Asus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 06 Oct 2022 05:56
Last Modified: 06 Oct 2022 05:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9110

Actions (login required)

View Item View Item