Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN TERPAAN IKLAN TOKOPEDIA DAN INTENSITAS WORD OF MOUTH PADA TOKOPEDIA WAKTU INDONESIA BELANJA DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI TOKOPEDIA /37/KOM/2021

Nabila, Renata Alma Ratu and Gono, Joyo NS and Nugroho, Adi (2021) HUBUNGAN TERPAAN IKLAN TOKOPEDIA DAN INTENSITAS WORD OF MOUTH PADA TOKOPEDIA WAKTU INDONESIA BELANJA DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI TOKOPEDIA /37/KOM/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (263kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (730kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (510kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text
Bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (143kB)

Abstract

Tokopedia meluncurkan strategi promosi pemasaran berupa kampanye #SelaluAdaSelaluBisa yang sudah berjalan dari tahun 2020. Dalam kampanye tersebut, Tokopedia mengadakan promo setiap bulannya yaitu Waktu Indonesia Belanja. Dua bentuk strategi promosi pemasaran yang digunakan oleh Tokopedia adalah dengan beriklan dan juga dengan mengguanakan word of mouth. Namun, pada kenyataannya peringkat Tokopedia justru menurun dan menurut beberapa survei Tokopedia tidak menjadi e-commerce pilihan bagi sebagian besar konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan antara terpaan iklan Tokopedia dan Intensitas Word of Mouth pada Tokopedia Waktu Indonesia Belanja dengan Keputusan Pembelian melalui Tokopedia.

Penelitian ini menggunakan teori Advertising Exposure dan Elaboration Likelihood dengan teknik pengambil sampel berupa non-probability sampling. Sampel berjumlah 60 orang dengan karakteristik perempuan atau laki-laki, berusia 18-34 tahun yang pernah terkena terpaan iklan Tokopedia dan pernah mendapatkan informasi mengenai Tokopedia Waktu Indonesia Belanja dalam tiga bulan terakhir.

Pengujian pada penelitian ini menggunakan uji korelasi Kendall Tau_b. hasil penelitian menunjukkan hubungan terpaan iklan Tokopedia dengan keputusan pembelian memiliki nilai signifikansi sebesar 0.323 yang artinya tidak signifikan. Selanjutnya, intensitas word of mouth dengan keputusan pembelian memiliki nilai signifikansi sebesar 0.06 yang dapat diartikan signifikan dengan nilai korelasi sebesar 0.302 yang berarti memiliki keeratan yang lemah dan memiliki arah hubungan yang positif.

Kata Kunci: Terpaan Iklan, Intensitas Word of Mouth, Keputusan Pembelian, Tokopedia Waktu Indonesia Belanja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 06 Oct 2022 03:42
Last Modified: 06 Oct 2022 03:42
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9089

Actions (login required)

View Item View Item