Search for collections on Undip Repository

Hubungan Pengetahuan Tentang E-sport dan Faktor Demografi dengan Persepsi Kepada Gamers Profesional /29/KOM/2021

Pratama, Andika Putra and Manalu, S.Rouli (2021) Hubungan Pengetahuan Tentang E-sport dan Faktor Demografi dengan Persepsi Kepada Gamers Profesional /29/KOM/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (638kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (689kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (463kB)
[img] Text
BAB III_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (813kB)
[img] Text
BAB IV_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (295kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (181kB)

Abstract

Pengetahuan tentang e-sport dapat berhubungan dengan persepsi terhadap gamers profesional, semakin orang mengetahui maka semakin positif pula hubungannya. Faktor demografi seperti umur, jenis kelamin, tingkat pendapatan dan tingkat pendidikan dapat berpengaruh pula pada persepsi seseorang. Pada penelitian ini, peneliti ingin mencari hubungan sebab akibat yang terjadi antara tiga variabel, yang terdiri dari dua variabel independen dan satu variabel dependen. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengetahuan tentang e-sport dan faktor demografi, sedangkan variabel independen dalam penelitian ini adalah persepsi kepada gamers profesional. Oleh sebab itu, dengan menggunakan paradigma positivistik, peneliti dapat menggunakan hubungan sebab-akibat yang terjadi antara variabel independen dan variabel dependen tersebut. Pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling, dengan jumlah sampel yang diambil dari penelitian ini sebanyak 60 responden.
Menurut uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan hasil uji korelasi pearson dan chi-square, diperlihatkan bahwa: pertama, usia berhubungan signifikan terhadap persepsi gamers profesional dengan nilai signifikasi kurang dari (<0,05). Kedua, tingkat pendidikan berpengaruh signifikan terhadap persepsi gamers profesional profesional dengan nilai signifikasi kurang dari (<0,05). Ketiga, tingkat pendapatan berpengaruh tidak signifikan terhadap persepsi gamers profesional, dengan nilai signifikasi lebih dari (<0,05). Keempat, jenis kelamin berpengaruh tidak signifikan terhadap persepsi gamers profesional dengan nilai signifikasi lebih dari (<0,05). Terakhir pengetahuan tentang e-sport berhubungan signifikan dengan persepsi kepada gamers profesional hanya di poin pengetahuan tahu dan mengaplikasikan. Artinya hanya responden yang mengetahui dan memainkan e-sport yang memiliki pengaruh signifikan terhadap persepsi kepada gamers profesional. Saran untuk penelitian selanjutnya, agar menambahkan variabel lain yang mempengaruhi persepsi pada gamers profesional seperti pengetahuan terhadap games dan faktor demografi. Penelitian selanjutnya dapat membandingkan metode selain pearson correlation dan chi-square untuk melihat hubungan pengaruh antar variabel. Penelitian selanjunya dapat pula menambahkan peserta yang mengisi kuisoner dengan background peserta yang lebih variatif.
Kata kunci: e-sport, faktor demografi, umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, gamers profesional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 05 Oct 2022 04:57
Last Modified: 05 Oct 2022 04:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9048

Actions (login required)

View Item View Item