Search for collections on Undip Repository

Hubungan Antara Konsep Diri dengan Online Disinhibition Effect Pada Siswa SMA Sultan Agung 1 Semarang

Damayanti, Hasna Salsabila and Rusmawati, Diana (2022) Hubungan Antara Konsep Diri dengan Online Disinhibition Effect Pada Siswa SMA Sultan Agung 1 Semarang. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Abstrak & Bab 1.pdf

Download (149kB)

Abstract

Pandemi COVID-19 mengubah pola komunikasi antar manusia dari interaksi tatap muka menjadi interaksi virtual. Interaksi di dunia maya yang di mediasi oleh internet memiliki fasilitas kebebasan dan kustomisasi yang mampu membuat penggunanya bebas menciptakan persona dan identitas yang ingin ditampilkan. Konsep diri, yaitu gambaran diri seseorang berdasarkan pengetahuan, pengalaman, harapan, dan penilaian dari orang lain maupun diri sendiri (Fitts, 1971), memegang peranan dalam kebijaksanaan seseorang untuk berperilaku di dunia maya. Pemanfaatan dunia maya dengan konsep diri yang negatif dapat menimbulkan online disinhibition effect, yaitu perilaku khusus yang ditunjukkan seseorang saat berada di dunia maya (Suler, 2004). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan online disinhibition effect pada siswa SMA Sultan Agung 1 Semarang. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif korelasional. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 10 dan 11 SMA Sultan Agung 1 Semarang sejumlah 240 siswa yang didapat melalui metode cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah Skala Online Disinhibition Effect (15 aitem; α= 0,811) dan Skala Konsep Diri (44 aitem; α = 0,933). Dari hasil analisis menggunakan Spearman Rho, Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antar dengan koefisien korelasi antara sebesar 0,376 dan signifikansi sebesar 0,000. Hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan positif antara konsep diri dan online disinhibition effect. Hasil tersebut dipengaruhi oleh tingginya intensitas waktu yang digunakan siswa di sosial media dan penggunaan akun anonim dalam keseharian siswa. Tingginya konsep diri pada siswa dimungkinkan karena konsep diri tidak terepresentasi dengan tepat. Faktor lainnya adalah tidak diajarkan mengenai cyber-ethic disekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 06:45
Last Modified: 05 Feb 2024 06:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9004

Actions (login required)

View Item View Item