Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN NORMATIF TERHADAP PERTANGGUNGJAWABAN KASUS FRAUD PENAHANAN PRODUK PERUSAHAAN OLEH KARYAWAN TOKOPEDIA PADA AJANG PROMOSI FLASH SALE SPESIAL 9. -100 DG 2020

Anggraini, Fina and Njatrijani, Rinitami and Hendrawati, Dewi (2020) TINJAUAN NORMATIF TERHADAP PERTANGGUNGJAWABAN KASUS FRAUD PENAHANAN PRODUK PERUSAHAAN OLEH KARYAWAN TOKOPEDIA PADA AJANG PROMOSI FLASH SALE SPESIAL 9. -100 DG 2020. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Teknologi yang berkembang kian pesat sekarang ini membuat konsumen dan pihak-pihak yang berkepentingan tak perlu repot-repot lagi untuk keluar rumah untuk membeli kebutuhan belanjanya, cukup melalui aplikasi e-commerce yang dapat diakses di ponsel pribadi, barang dan/atau jasa yang dibutuhkan bisa diperoleh. Hal inilah yang disebut sebagai transaksi elektronik. Namun mirisnya perkembangan teknologi yang kian canggih ini justru menjadi cela bagi oknum�oknum tak bertanggungjawab untuk menguras keuntungan sebesar-besarnya. Tindakan inilah yang dilakukan oleh para pekerja di salah satu Perusahaan e�commerce ternama, Tokopedia dalam program promosi Flash Sale Tokopedia Spesial 9 pada Agustus 2018. Sehingga perumusan masalah dalam skripsi ini adalah mengenai mekanisme pertanggungjawaban dan perlindungan hukum yang dilakukan terhadap pihak-pihak yang dirugikan di dalam sengketa kasus fraud atau kecurangan dalam transaksi perdagangan elektronik ini, serta bagaimana kebijakan hukum yang seharusnya ditempuh dalam menyelesaikan kasus sengketa serupa di masa yang akan datang. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa upaya pemutusan rantai perkara sengketa yang diambil oleh Tokopedia telah menyalahi
prinsip presumption of innocence dan seperangkat aturan hukum lainnya. Maka dari itu diperlukan kualifikasi yuridis atau pembatasan-pembatasan dan prosedur yang tegas untuk menyelesaikan kasus sengketa fraud seperti itu. Karena tanpa
adanya porsi-porsi hukum yang jelas dan tegas dalam penyelesaian sengketa yang masuk dalam ranah sengketa perlindungan konsumen ini, akan banyak pihak terlibat yang dirugikan di dalamnya. Dengan demikian, regulasi menyangkut
mekanisme penyelesaian sengketa kasus transaksi perdagangan elektronik antara pelaku usaha, konsumen, dan tenaga kerja tersebut layak untuk dikatakan sebagai sarana hukum yang sinkron antara satu dengan lainnya sehingga dapat
mewujudkan keadilan serta kemanfaatan sesuai dengan tujuan hukum secara umum.
Kata Kunci: Sengketa Fraud Perlindungan Konsumen Dalam Transaksi Perdagangan Elektronik, Kebijakan Hukum Pada Penyelesaian Sengketa Fraud Dalam Transaksi Perdagangan Elektronik Masa Kini, Kebijakan Hukum Pada Penyelesaian Sengketa Fraud Dalam Transaksi Perdagangan Elektronik Masa Depan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Users 201 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2023 08:30
Last Modified: 30 Oct 2023 08:30
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8939

Actions (login required)

View Item View Item