Ramadhana, Shafwah Hapsari and Indrawati, Endang Sri (2022) Hubungan antara Efikasi Diri dengan Kecemasan menghadapi Mutasi pada Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan di Kota Semarang. Undergraduate thesis, Undip.
Text
Abstrak Shafwah.pdf Download (99kB) |
Abstract
Pegawai Negeri Sipil dalam menjalankan tugasnya seringkali mendapatkan permasalahan seperti kecemasan terkait adanya mutasi yang dapat dipengaruhi oleh seberapa besar efikasi diri yang dimiliki baik pada saat bekerja. Pegawai Negeri Sipil yang yakin terhadap kemampuan dirinya dalam bekerja dapat mendorong dirinya untuk meningkatkan kinerja serta dapat mengurangi tingkat kecemasan yang dialami. Penelitian dimaksudkan untuk menguji hubungan efikasi diri dan kecemasan menghadapi mutasi pada Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan di Kota Semarang. Dari total populasi sebanyak 150 pegawai yang belum mengalami mutasi, 57 pegawai dijadikan sampel penelitian dengan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan berupa Skala Efikasi Diri (α = 0,882, 28 aitem), dan skala kecemasan menghadapi mutasi (α = 0,936, 50 aitem). Data yang diperoleh dari pengukuran dianalisis dengan SPSS versi 21.0 menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian terbukti terdapat korelasi yang signifikan dengan arah hubungan negatif antara efikasi diri dan kecemasan menghadapi mutasi pada Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (rxy = -0,565, p = 0,000). Semakin positif efikasi diri maka semakin rendah kecemasan menghadapi mutasi. Sumbangan efektif efikasi diri terhadap kecemasan menghadapi mutasi sebesar 31,9%.
Kata kunci: efikasi diri, kecemasan, mutasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 06:20 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 06:20 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8890 |
Actions (login required)
View Item |