Handayaningtyas, Ranni Arismaya and Sunarto, Sunarto (2020) PENGARUH INTENSITAS KONSUMSI BERITA PENIPUAN E-COMMERCE DAN INTENSITAS KOMUNIKASI KELOMPOK RUJUKAN TERHADAP TINGKAT MINAT BELI PADA SITUS BELANJA ONLINE TOKOPEDIA /39/KOM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Text
COVER.pdf - Published Version Download (274kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (933kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (213kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (712kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (498kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (159kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin canggih memungkinkan seseorang untuk melakukan pembelian belanja online di situs e-commerce sebagai mediator. E-commerce kegiatan yang tidak langsung tatap muka dengan pembeli dan penjual, dalam jual beli online di e-commerce akan membuat anggapan risiko. Banyaknya masalah penipuan yang terjadi dalam jual beli online hal ini berpengaruh terhadap penjual maupun pembeli, dengan munculnya kasus tersebut akan membuat pembeli dan penjual lebih berhati-hati dalam melakukan jual beli melalui media online. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh intensitas konsumsi berita penipuan e-commerce dan intensitas komunikasi kelompok rujukan terhadap tingkat minat beli belanja online melalui situs belanja online Tokopedia. Teori yang digunakan adalah Uses and Gratification. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian explanatory survey. Pengambilan sampel yang dipakai Non-Probability Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 responden dengan karakterisitik laki-laki dan perempuan yang berdomisili di kecamatan Tembalang kota Semarang. Analisis data menggunakan uji regresi linier.
Hasil penelitian memperlihatkan ada pengaruh intensitas konsumsi berita penipuan e-commerce terhadap tingkat minat beli belanja online melalui situs belanja online Tokopedia.Hal ini didukung dari perhitungan koefisien korelasi variabel X1 sebesar -0,507dan koefisien regresi X1 sebesar 0,356 yang menyatakan bahwa tiap pertambahan variabel X1 maka Y akan bertambah atau berpengaruh sebesar 0,356 atau 35,6%. Hasil hipotesis ke dua menunjukan ada pengaruh intensitas komunikasi kelompok rujukan terhadap tingkat minat beli belanja online melalui situs belanja online Tokopedia dibuktikan dengan hasil koefisien korelasi untuk variabel X2 sebesar 0,675dan koefisien regresi X2 sebesar 0,582 yang menyatakan bahwa tiap pertambahan variabel X2 maka Y akan bertambah atau berpengaruh sebesar 0,582 atau 58,2%.Hasil variabel intensitas konsumsi berita penipuan e-commerce dan intensitas komunikasi kelompok rujukan menunjukkan keduanya memiliki hubungan yang signifikan terhadap variabel tingkat minat beli belanja online melalui situs belanja online tokopedia. Adapun, hasil uji SPSS diperoleh Ry(1,2) (0,757) yang berarti bahwa terdapat hubungan antara intensitas konsumsi berita penipuan e-commerce dan intensitas komunikasi kelompok rujukan dengan minat beli belanja online melalui situs belanja online Tokopedia. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai probabilitas sig. F = 0,000 (p<0,05) yang berarti bahwa ada pengaruh simultan atau bersama-sama intensitas konsumsi berita penipuan e-commerce dan intensitas komunikasi kelompok rujukan dengan minat beli belanja online melalui situs belanja online Tokopedia.
Kata Kunci: e-commerce, berita penipuan, kelompok rujukan, dan minat beli
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 07:38 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 07:38 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8803 |
Actions (login required)
View Item |