Naurisma, Nimas Sintha and Dwiningtyas, Hapsari (2020) AUDIT KOMUNIKASI STRATEGIS SOSIALISASI PROGRAM HOTLINE PELAYANAN PUBLIK LAPOR HENDI /35/KOM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Text
COVER NIMAS SINTHA N.pdf - Published Version Download (913kB) |
|
Text
BAB I (Nimas Sintha N).pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB II (Nimas Sintha N).pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB III (Nimas Sintha N).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (974kB) |
|
Text
BAB IV (Nimas Sintha N).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
|
Text
BAB V (Nimas Sintha N).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA (Nimas Sintha N).pdf - Published Version Download (88kB) |
|
Text
LAMPIRAN (Nimas Sintha N).pdf - Published Version Download (735kB) |
Abstract
Penelitian ini berdasarkan permasalahan banyaknya masyarakat Kota Semarang yang menyampaikan keluhan-keluhan nya kepada pemerintah pada media-media yang tidak resmi, sedangkan sebenarnya pemerintah sudah memiliki kanal pengaduan resmi yang bernama LAPOR Hendi. Kanal pengaduan resmi ini seharusnya bisa digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai media yang menyalurkan semua keluhan maupun aspirasi kepada pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan audit komunikasi pada kegiatan sosialisasi program LAPOR Hendi. Penelitian ini akan menjelaskan bagaimana pemerintah melakukan kegiatan sosialisasi untuk mengenalkan program LAPOR Hendi kepada masyarakat Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitataif yang menggunakan teori informasi organisasi dari Karl Weick dan teori SOR (Stimulus, Organism, Reasons).
Berdasarkan hasil penelitian, sosialisasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Semarang tidak memiliki perencanaan yang matang. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan sosialisasi yang dilakukan pemerintah tidak memperhatikan 10 Planning dari Anne Gregory. Analisis tidak dilakukan oleh pemerintah, pemerintah tidak melakukan analisis dan riset terlebih dahulu sebelum melaksanakan sosialisasi program LAPOR Hendi.Tujuan dari sosialisasi sudah diketahui oleh Pemerintah sebagai pelaksana sosialisasi, namun pemerintah tidak menggunakan data primer dan data sekunder dalam menentukan tujuan sosialisasi.Publik yang dapat mengikuti sosialisasi program LAPOR Hendi semua masyarakat Kota Semarang.Pesan yang disampaikan dalam sosilalisasi tidak direncanakan dan disusun dengan mendetail, tidak ada indikator pesan yang akan disampaikan dalam sosialisasi. Pemerintah tidak memahami strategi yang mereka gunakan dalam sosialisasi. Strategi yang digunakan dalam sosialisasi program LAPOR Hendi adalah Ritual.Pemerintah menggunakan taktik dalam melaksanakan sosialisasi, namun pemerintah tidak mengembangkan taktik yang ada ataupun memiliki ide taktik yang baru.Pemerintah menggunakan taktik dalam melaksanakan sosialisasi, namun pemerintah tidak mengembangkan taktik yang ada ataupun memiliki ide taktik yang baru.Pemerintah selalu melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat, tidak ada tenggat waktu dalam sosialisasi program LAPOR Hendi. Sosialisasi yang akan dilaksanakan sudah terencana dalam rencana kerja tahunan. Pemerintah menggunakan peralatan dan perlengkapan yang digunakan untuk sosialisasi. Biaya operasional juga sudah terencana dalam rencana kerja tahunan.Pemerintah melakukan pengawasan dan evaluasi setelah sosialisasi dilaksanakan. Namun pemerintah tidak maksimal dalam memastikan pesan diterima oleh audience. Pemerintah melakukan review untuk mengetahui apakah sosialisasi yang telah dilaksanakan berjalan dengan baik.
Kata Kunci : Audit Komunikasi, Sosialisasi, Perencanaan, Pemerintah, Masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 06:42 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 06:42 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8791 |
Actions (login required)
View Item |