Vierdiana, Dyah and Dewi, Nur Setyowati and Johan, Andrew (2022) Pengaruh Online Mindfulness Based On Forgiveness Terhadap Regulasi Emosi Mahasiswa Keperawatan. Masters thesis, Universitas Diponegoro.
Text
'DYAH VIERDIANA-22020220710006- ' - Dyah Vierdiana.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN TESIS_EKO BUDI LAKSONO - eko budi laksono.pdf Download (358kB) |
Abstract
Krisis kesehatan mental emosional dapat terjadi pada kelompok umur 15–24 tahun dengan presentase sebanyak 10%, umur tersebut merupakan usia produktif untuk mendapatkan pendidikan formal. Mahasiswa masuk pada kelompok umur tersebut, dimana di usia tersebut berada pada fase transisi dan kritis sebelum menjalani kehidupan yang sebenarnya di masyarakat. Para peneliti menyebutkan tingginya angka depresi pada remaja terkait dengan meningkatnya angka perceraian, tuntutan akademis, dan tekanan sosial. Pada penelitian sebelumnya mindfulness hanya menyentuh pada bagian regulasi emosi tetapi tidak mengatasi proses memaafkan, padahal faktanya ada keterkaitan antara regulasi emosi dan memaafkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Online Mindfulness Based On Forgiveness Therapy terhadap Regulasi Emosi Mahasiswa Keperawatan Tingkat Akhir. Dalam penelitian ini menggunakan desain quasi experiment dengan rancangan pre-test pos-test with control grup design.Teknik penentuan sampel menggunakan total sampling dari populasi mahasiswa keperawatan tingkat akhir yaitu sebanyak 63 responden. Kelompok terbagi menjadi kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Kelompok intervensi diberikan 8 kali intervensi MBF selama 4 minggu dan data tersebut dianalisis menggunakan independen t-test untuk mengukur pengaruh online MBF. Uji indepensi t-test menunjukkan nilai p value 0.000< 0.05 maka dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh Online MBF terhadap regulasi emosi mahasiswa keperawatan tingkat akhir. Hasil menunjukan ada perbedaan sebelum dan setelah Intervensi Online MBF Therapy terhadap peningkatan regulasi emosi mahasiswa akhir dimana nilai p value 0,000 <0,05. Dan perbedaan tersebut pada kelompok intervensi sebesar 14,94 sedangkan kelompok kontrol perbedaan hanya meningkat sebesar 2,71. Berdasarkan data intervensi MBF terbukti mampu meningkattkan regulasi emosi mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine > Master Program in Nursing |
Depositing User: | S.Hum Bekti Iskandar |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 06:42 |
Last Modified: | 27 Sep 2022 06:42 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8730 |
Actions (login required)
View Item |