Search for collections on Undip Repository

Manajemen Privasi pada Pengguna Media Sosial Instagram /20/KOM/2020

Kamilah, Ferisa Nurul and Lestari, Sri Budi (2020) Manajemen Privasi pada Pengguna Media Sosial Instagram /20/KOM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (274kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (254kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (30kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (283kB)

Abstract

Munculnya fenomena penggunaan media sosial Instagram, yang dijadikan saran melakukan
pengungkapan diri. Pengungkapan diri yang dilakukan termasuk hal – hal yang termasuk ranah
privasi pengguna. Hal ini dapat menimbulkan berbagai risiko yang dapat terjadi kepada
pengguna Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan memahami
bagaimana seseorang melakukan manajemen privasi pada akun Instagramnya dengan
menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini merujuk pada paradigma interpretif
dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu indepth interview, dengan jumlah informan sebanyak 5 orang. Teori yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Communication Privacy Management Theory yang dikemukakan
oleh Sandra Petronio.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa para pengguna menggunakan Instagram
untuk menciptakan kesan, ketertarikan, hubungan serta membangun citra. Selain itu, para
pengguna juga memiliki batasan – batasan informasi yang berbeda – beda terkait privasinya.
Melalui teori Communication Privacy Management juga ditemukan bahwa terdapat kriteria
aturan yang digunakan oleh para pengguna Instagram untuk mempertimbangkan saat akan
mengungkapkan informasi melalui Instagram. Kriteria budaya seperti adat istiadat, norma, dan
nilai agama yang ada pada pengguna, kriteria gender berupa gender expression dan pakaian,
kriteria motivasi berupa dorongan dan perasaan senang, kriteria konteks berupa hal yang
positif, tidak menyinggung pihak lain dan juga kondisi lingkungannya, kriteria risiko – manfaat
yaitu perbandingan antara besarnya keuntungan atau kerugian yang akan pengguna dapat
setelah melakukan pengungkapan. Pada penelitian ini cara yang diterapkan oleh para pengguna
untuk mengelola privasi Instagramnya, yaitu dengan memutuskan untuk tidak mengungkapkan
sama sekali privasinya di Instagram atau membuat akun kedua Instagram yang dikhususkan
untuk mengungkapkan privasi. Akun kedua yang digunakan hanya di ikui oleh orang – orang
terdekat dan dipercaya oleh pengguna yang membuatnya lebih leluasa mengungkapkan
privasinya.

Kata Kunci : Manajemen privasi komunikasi, Pengungkapan diri, Instagram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 27 Sep 2022 04:50
Last Modified: 27 Sep 2022 04:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8725

Actions (login required)

View Item View Item