Search for collections on Undip Repository

PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA E-COMMERCE SHOPEE) /86/adbis/2021

Zaky, Nur Sovia Aulia and Nugraha, Hari Susanta and Farida, Naili (2021) PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA E-COMMERCE SHOPEE) /86/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (384kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (199kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (103kB)

Abstract

Teknologi saat ini semakin berkembang signifikan terutama dalam bidang informasi serta komunikasi, hal ini memberikan dampak positif terhadap dunia usaha sehingga sistem usaha pada saat ini berubah mengikuti perkembangan teknologi yang ada. E-Commerce merupakan sistem atau cara belanja maupun berdagang secara online dengan menggunakan internet sebagai media dan website sebagai tempat penyedia jasa yang memberikan layanan “get and deliver”. Perusahaan yang dengan kualitas layanan yang baik akan membuat konsumen percaya terhadap merek perusahaan tersebut serta konsumen semakin yakin dengan pilihannya. Keputusan pembelian yang tinggi dapat dipengaruhi oleh e-service quality yang tinggi serta brand image yang baik. Menurut data dari Shopee, menunjukkan bahwa terjadi kenaikan dan juga penurunan jumlah kunjungan bulanan pada Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-service quality dan brand image terhadap keputusan pembelian. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (Google Form) yang disebar kepada 100 orang responden yang pernah membeli produk di aplikasi Shopee dalam 1 tahun terakhir. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa e-service quality berpengaruh terhadap keputusan pembelian, brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian, serta terdapat pengaruh antara e-service quality dan brand image terhadap keputusan pembelian. Adapun saran bagi Shopee adalah agar lebih meningkatkan kualitas pelayanannya dalam merespon atau menanggapi permasalahan yang sedah dialami oleh konsumen, meningkatkan lagi kualitas produk yang ditawarkan serta dengan model yang terbaru, serta meningkatkan load time (waktu yang dibutuhkan untuk membuka aplikasi/website)guna memudahkan konsumen untuk masuk ke laman Shopee.

Kata Kunci: E-Service Quality, Brand Image, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 15 Sep 2022 06:20
Last Modified: 15 Sep 2022 06:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8342

Actions (login required)

View Item View Item