Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PROMOSI, CITRA MEREK, E-TRUST TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA /81/adbis/2021

Aisah, Nadia Wahyu Nur and Prihatini, Apriatni Endang and Suryoko, Sri (2021) PENGARUH PROMOSI, CITRA MEREK, E-TRUST TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA /81/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (282kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (692kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (670kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (102kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (704kB)

Abstract

E-commerce merupakan salah satu wujud dari perkembangan teknologi yang semakin pesat. Tokopedia adalah salah satu e-commerce yang berkembang dalam memenuhi kebutuhan manusia. Posisi Tokopedia pada Top Brand Index pada tahun 2020 mengalami peningkatan akan tetapi nilai index dibawah pesaingnya yaitu Shopee. Selain itu jumlah pengunjung Tokopedia sejak tahun 2019 hingga 2020 mengalami fluktuatif, bahkan pada tahun 2019 mulai dari kuartal 4 jumlah pengunjung Tokpedia dikalahkan oleh Shopee.
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh promosi, citra merek, dan e-trust terhadap minat beli ulang. Tipe penelitian ini explanatory research dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioer kepada 100 responden yang merupakan pengguna Tokopedia melalui media google form. Teknik analisis yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif dengan uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linear sederhana dan berganda, uji signifikan t dan f dengan menggunakan program komputer SPSS versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi, citra merek dan e-trust memberikan pengaruh yang positif terhadap minat beli ulang . Uji koefisien determinasi antara promosi dengan minat beli ulang yang menghasilkan nilai R2 sebesar 37,2%, yang berarti bahwa promosi memberikan kontribusi pengaruh terhadap minat beli ulang sebesar 37,2%. Sedangkan 62,8% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dikaji pada penelitian ini variabel citra merek memiliki nilai R2 42,1 Sedangkan 57,9% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Nilai R2 E-trust sebesar 40,9% mempengaruhi minat beli ulang sehingga 59,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Kata kunci : Promosi, Citra Merek, E-trust, Minat beli ulang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 15 Sep 2022 04:04
Last Modified: 15 Sep 2022 04:04
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8328

Actions (login required)

View Item View Item