Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Celebrity Endorser dan E-Brand Personality terhadap Online Repurchase Intention Lipstik PIXY melalui E-Trust sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus pada Pengguna Lipstik PIXY Kota Semarang) /75/adbis/2021

Saulina, Aurelia Nadia and Listyorini, Sari and Farida, Naili (2021) Pengaruh Celebrity Endorser dan E-Brand Personality terhadap Online Repurchase Intention Lipstik PIXY melalui E-Trust sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus pada Pengguna Lipstik PIXY Kota Semarang) /75/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (548kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (381kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (663kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (815kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (187kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (910kB)

Abstract

Industri kosmetik semakin berkembang pesat membuat persaingan antar perusahaan kosmetik semakin ketat. Perkembangan teknologi dan pandemi virus Covid-19 juga membuat para perusahaan kosmetik harus dapat saling bersaing, berkembang serta beradaptasi untuk dapat bertahan dan meningkatkan penjualan dari produk mereka. Penjualan online menjadi salah satu solusi untuk dapat tetap bertahan pada situasi ini. Beberapa tahun terakhir penjualan dari lipstik PIXY mengalami penurunan sehingga perlunya peningkatan penjualan salah satunya online repurchase intention. Meningkatkanonline repurchase intentiondapatmelaluipemilihancelebrity endorser dan e-brand personality yang ditampilkanproduksehinggameningkatkane-trust pada produkmakaakanmendorongtimbulnyaonline repurchase intentionlipstik PIXY.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser dan e-brand personality terhadap online repurchase intention melalui e-trust sebagai variabel mediasilipstik PIXY di kota Semarang. Tipe penelitian ini yaitu penelitian eksplanatori. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data denganangket berupa kuesioner yang disebarkan secara online berbentuk google form dan studi kepustakaan. Sampel yang digunakan 100 responden konsumen lipstik PIXY di Kota Semarang yang telah melakukan pembelian secara online minimal lebih dari dua kali. Penelitian ini menggunakan analisis uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi sederhana dan ganda, signifikansi uji t, uji F, uji mediasidan uji sobel menggunakan program SPSS for windows 24 version.
Penelitian ini menghasilkan yaitu celebrity endorser memiliki pengaruh terhadap online repurchase intention, e-brand personality memiliki pengaruh terhadap online repurchase intention, celebrity endorser memiliki pengaruh terhadap e-trust, e-brand personality memiliki pengaruh terhadap e-trust, e-trust memiliki pengaruh terhadap online repurchase intention. Uji mediasimenghasilkanbahwae-trustadalah mediasi parsial yang memediasipengaruhcelebrity endorserterhadaponline repurchase intention dan e-trust juga merupakanvariabelmediasiparsial yang memediasihubungane-brand personalityterhadaponline repurchase intention. Hasil uji sobelmenghasilkan variabel e-trust sebagai variabel mediasi mampu memediasi hubungan antara celebrity endorser terhadap online repurchase intention dan Variabel e-trust juga mampu memediasi hubungan antara e-brand personality terhadap online repurchase intention
Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini kepada PIXY yaitu semakin menonjolkan cirikhas dan melibatkancelebrity endorseragar semakindikenalmasyarakat, memperbanyak konten edukasi online yang dapatmemberikansemangatjikamenggunakanlipstik PIXY, meningkatkan pelayanan dan kemudahan konsumen dalam memperoleh produksecaraonline.

Kata Kunci :Celebrity Endorser, E-Brand Personality, E-Trust, Online Repurchase Intention

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 15 Sep 2022 02:32
Last Modified: 15 Sep 2022 02:33
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8319

Actions (login required)

View Item View Item