Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Penumpang Kapal PT. Pelni Semarang melalui Keputusan Penggunaan (Studi pada Penumpang KM. Egon Pelni Semarang-Kumai) / 64/adbis/2021

Ardianti, Novia and Widayanto, Widayanto (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Penumpang Kapal PT. Pelni Semarang melalui Keputusan Penggunaan (Studi pada Penumpang KM. Egon Pelni Semarang-Kumai) / 64/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (685kB)
[img] Text
BAB 2 .pdf - Published Version

Download (652kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (856kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (212kB)

Abstract

Transportasi merupakan aspek perekonomian yang memiliki pengaruh yang sangat besar. Moda transportasi laut di Indonesia salah satunya kapal. PT Pelni (PT Pelni) merupakan sebuah perusahaan jasa yang bergerak di bidang transportasi laut yang meliputi jasa angkutan penumpang dan muatan barang antar pulau. KM. Egon merupakan salah satu kapal milik PT.Pelni yang beroperasi dari Semarang-Kumai.
Tipe penelitian ini adalah explanatory research, dengan menggunakan kuesioner sebagai meteode pengumpulan data. Metode penelitian yang digunakan yaitu teknik Non Probability Sampling dengan metode Purposive Sampling dan Accidental Sampling. Sampel yang dikumpulkan sebanyak 100 responden penumpang KM. Egon Pelni Semarang-Kumai yang dipilih berdasarkan pertimbangan. Penelitian menggunakan teknik analisis Partial Least Square, yang diestimasi dengan program WarpPLS 6.0.
Hasil analisis dengan WarpPLS menjelaskan bahwa pada hasil uji pengaruh langsung pada model penelitian yaitu pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Penumpang menunjukkan hasil positif dan signifikan, pengaruh Harga terhadap Kepuasan Penumpang menunjukan hasil negatif dan signifikan, pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Penggunaan menunjukan hasil positif dan signifikan, Harga terhadap Keputusan Penggunaan menunjukan hasil negatif dan signifikan, dan pengaruh Keputusan Peggunaan terhadap Kepuasan Penumpang menunjukan hasil positif dan signifikan. Uji pengaruh tidak langsung pada model penelitian yaitu pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Penumpang melalui Keputusan Penggunaan menunjukkan hasil positif dan signifikan, pengaruh Harga terhadap Kepuasan Penumpang melalui Keputusan Penggunaan menunjukan hasil negatif dan signifikan.
Saran kepada pihak PT. Pelni berdasarkan nilai rekapitulasi terendah yang diberikan responden pada indikator penilaian, yaitu mengevaluasi kualitas pelayanan, menyediakan fasilitas yang memadai, serta terus meningkatkan kuantitas dan kualitas petugas agar bekerja sesuai SOP.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Keputusan Penggunaan, Kepuasan Penumpang, Pelni

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:00
Last Modified: 14 Sep 2022 04:00
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8292

Actions (login required)

View Item View Item