Search for collections on Undip Repository

Pengaruh E-servic escape dan E-service Quality terhadap E-satisfaction PadaTokopedia (Studi Pada Pengguna Aplikasi Tokopedia di Kota Semarang) / 50/adbis/2021

Rahman, Nur Fadhilah Ramadhini and Listyorini, Sari and Wijayanto, Andi (2021) Pengaruh E-servic escape dan E-service Quality terhadap E-satisfaction PadaTokopedia (Studi Pada Pengguna Aplikasi Tokopedia di Kota Semarang) / 50/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER_SKRIPSI NUR FADHILAH RAMADHINI RAHMAN.pdf - Published Version

Download (647kB)
[img] Text
BAB 1_SKRIPSI NUR FADHILAH RAMADHINI RAHMAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2_SKRIPSI NUR FADHILAH RAMADHINI RAHMAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3_SKRIPSI NUR FADHILAH RAMADHINI RAHMAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4_SKRIPSI NUR FADHILAH RAMADHINI RAHMAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_SKRIPSI NUR FADHILAH RAMADHINI RAHMAN.pdf - Published Version

Download (334kB)
[img] Text
LAMPIRAN_SKRIPSI NUR FADHILAH RAMADHINI RAHMAN.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Saat ini, pertumbuhan marketplace di Indonesia semakin berkembang dan meningkat. Adanya marketplace ini memfasilitasi konsumen berbelanja daring guna memenuhi kebutuhannya agar lebih praktis dan efisien. Salah satu marketplace ternama di Indonesia yaitu Tokopedia. Tokopedia menyediakan beragam jenis produk kebutuhan masyarakat, selain itu Tokopedia juga memfasilitasi konsumen untuk bisa melakukan berbagai pembayaran seperti pajak, biaya pendidikan, tagihan, investasi, dan sebagainya. Tokopedia merupakan salah satu marketplace lokal yang dapat menjangkau seluruh pasar di Indonesia, termasuk Kota Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-servicescape dan e-service quality terhadap e-satisfaction pengguna aplikasi Tokopedia di Kota Semarang. Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode non probability sampling dan purposive sample. Penelitian ini menggunakan 100 responden yang merupakan pengguna aplikasi Tokopedia di Kota Semarang. Pengumpulan data dilakukan secara online dengan menggunakan google form. Penelitian ini menggunakan analisis uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linear sederhana, regresi linear berganda, uji t, dan uji F dengan bantuan software SPSS versi 24.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh e-servicescape terhadap e-satisfaction, terdapat pengaruhe-service quality terhadap e-satisfaction, dan terdapat pengaruh antara e-servicescape dan e-service quality terhadap e-satisfaction pengguna aplikasi Tokopedia.
Berdasarkan hasil tersebut, Tokopedia disarankan untuk mengemas e-servicescape lebih baik lagi dengan membuat tampilan halaman yang lebih menarik, menambahkan fitur hiburan, memperbaiki pengaturan aplikasi agar lebih user-friendly, serta meningkatkan kualitas informasi produk dan layanan. Selain itu, perlu juga meningkatkan e-service quality seperti update penawaran yang sedang berlangsung, kualitas aplikasi, dan penanganan keluhanyang diharapkan bisa lebih tanggap.

Kata kunci : e-servicescape. e-service quality,e-satisfaction

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 13 Sep 2022 07:25
Last Modified: 13 Sep 2022 07:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8267

Actions (login required)

View Item View Item