Search for collections on Undip Repository

PENGARUH BRAND EXPERIENCE DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN MASKAPAI PENERBANGAN CITILINK (STUDI PADA PENGGUNA MASKAPAI PENERBANGAN CITILINK DI KOTA SEMARANG) / 39/adbis/2021

Amalina, Nur and Prihatini, Apriatni Endang and Pradhanawati, Ari (2021) PENGARUH BRAND EXPERIENCE DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN MASKAPAI PENERBANGAN CITILINK (STUDI PADA PENGGUNA MASKAPAI PENERBANGAN CITILINK DI KOTA SEMARANG) / 39/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (690kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (830kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (386kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (259kB)

Abstract

ABSTRAK

Maskapai penerbangan bertarif rendah (LCC) selalu diminati oleh masyarakat
Indonesia, salah satunya maskapai penerbangan Citilink. Namun, dilihat dari posisi
Top Brand Index dalam 5 tahun terakhir dari tahun 2016-2020 Citilink belum
mampu menciptakan kekuatan brand karena tetap berada di bawah posisi maskapai
penerbangan pesaing sejenis, yaitu Lion Air. Maskapai penerbangan Citilink
sebagai salah satu penerbangan yang menerapkan low cost carrier ternyata jika
dibandingkan dengan maskapai penerbangan pesaing, maskapai penerbangan
Citilink menawarkan harga yang lebih tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand experience dan
harga terhadap keputusan penggunaan maskapai penerbangan Citilink. Tipe
penelitian ini adalah explanatory research dan pengambilan sampel menggunakan
teknik nonprobability sampling dengan purposive sampling&snowball sampling.
Teknik pengumpulan data dengan metode kuesioner menggunakan google form.
Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan
analisis kualitatif dan kuantitatif dengan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien
korelasi, koefisien determinasi, regresi linier sederhana dan berganda, serta
signifikasi uji t dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan variabel brand experience dan harga terhadap
keputusan penggunaan memiliki pengaruh yang kuat. Namun, kedua variabel
independen tersebut belum dapat dikatakan sangat baik karena terdapat beberapa
persepsi negatif dari responden. Maskapai penerbangan Citilink perlu
meningkatkan dan memperhatikan brand experience penumpang dengan desain
interior yang dikemas seindah mungkin agar nyaman di mata penumpang serta aktif
dalam menyiarkan slogan/tagline Citilink dan menetapkan&menyesuaikan harga
yang ditawarkan kepada konsumen.

Kata Kunci: Brand Experience, Harga, Keputusan Penggunaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 13 Sep 2022 04:27
Last Modified: 13 Sep 2022 04:27
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8255

Actions (login required)

View Item View Item