Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Electronic Word of Mouth (e-WOM) dan Electronic Service Quality (e-Servqual)terhadap Keputusan Pembelian Online pada Marketplace Lazada (Studi pada Konsumen Lazada di Kota Semarang) / 17/adbis/2021

Faradila, Nuzulina and Widiartanto, Widiartanto (2021) Pengaruh Electronic Word of Mouth (e-WOM) dan Electronic Service Quality (e-Servqual)terhadap Keputusan Pembelian Online pada Marketplace Lazada (Studi pada Konsumen Lazada di Kota Semarang) / 17/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (857kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (929kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (443kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dengan semakin pesatnya pertumbuhan marketplace di Indonesia dan ketatnya persaingan yang ada pada industri tersebut. Data pada Badan Pusat Statistik tahun 2019 menyatakan industri marketplace di Indonesia meningkat hingga 17%. Salah satu marketplace di Indonesia yaitu Lazada yang dimiliki oleh Alibaba Group sejak 2012 dan telah berdiri di Indonesia sejak 2014. Eksistensi Lazada di Indonesia menjadikannya salah satu marketplace besar yang diminati oleh konsumen. Namun, pada beberapa tahun terakhir terjadi penurunan pengunjung yang ditunjukkan oleh data penurunan presentase pertumbuhan pada tahun 2017-2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth dan electronic service quality terhadap keputusan pembelian pada marketplace Lazada. Tipe penelitian ini yaitu explanatory research dengan pengambilan sampling menggunakan teknik nonprobability samplingdan accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan google form. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 100 orang responden yang pernah menggunakan pembelian pada marketplace Lazada di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien relasi, koefisien determinasi, regresi sederhana, regresi berganda, signifikansi uji t dan uji f yang memakai alat bantu SPSS.
Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu electronic word of mouth dan electronic service quality masing-masing maupun secara bersama berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada marketplace Lazada. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, peneliti menyarankan Lazada untuk memberikan media yang lebih mudah untuk diakses oleh konsumen untuk memberikan penilaian, memperbaiki kualitas agar nantinya ulasan positif konsumen dapat dipercaya oleh calon pelanggan karena tidak terlalu banyak ulasan negatif yang ditemukan, membuat tampilan yang lebih menarik pada website dan aplikasi, membuat peraturat bagi mitra toko untuk memberikan deskripsi yang lengkap terkait produk yang dijual dan meningkatkan daya tanggap customer care yang dimiliki oleh Lazada saat menanggapi keluhan ataupun saran dari konsumen.
Kata Kunci : Electronic Word of Mouth, Electronic Service Quality, dan Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 12 Sep 2022 04:40
Last Modified: 12 Sep 2022 04:40
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8220

Actions (login required)

View Item View Item