Search for collections on Undip Repository

PENGARUH DESIGN PRODUK, HARGA VIRTUALTERHADAP REPURCHASE INTENTIONVIRTUAL ITEMMELALUI KEPUASAN GAME SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA GAME ONLINE “PUBG M”(Studi Pada Masyarakat Kota Bontang)/ 03/adbis/2021

Rainga, Farhan Savero Atha and Widiartanto, Widiartanto (2021) PENGARUH DESIGN PRODUK, HARGA VIRTUALTERHADAP REPURCHASE INTENTIONVIRTUAL ITEMMELALUI KEPUASAN GAME SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA GAME ONLINE “PUBG M”(Studi Pada Masyarakat Kota Bontang)/ 03/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (389kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (560kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (470kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya in app purchase virtual item pada game
game online PUBG M. Game online PUBG M memiliki jumlah download mencapai 600 juta
namun pembelianya hanya mencapai 20 juta dollar jauh di bawah pesaingnya Fortnite.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh design produk dan harga virtual,
terhadap repurchase intention virtual item melalui kepuasan game sebagai variable intervening
pada PUBG M. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dan pengambilan sampel
menggunakan teknik nonprobability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan kuesioner dan google form. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 100
responden yang pernah membeli virtual item pada PUBG M Penelitian ini menggunakan uji
validitas,uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinan, regresi sederhana, regresi
berganda, signifikansi uji t, dan uji f, analisis path dan uji sobel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa design produk tidak memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap repurchase intention melalui variable intervening kepuasan game,
sedangkan harga virtual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap repurchase intention
melalui variable intervening kepuasan game.
Berdasarkan hasil rekapitulasi responden, maka peneliti menyarankan memperbaiki
design produk agar sesuai dengan apa yang di harpakan oleh konsumen dan tidak hanya
berfokus terhadap produk yang hanya merubah warna. Peneliti juga menyarankan agar
menyesuaikan harga virtual yang tersedia dan tidak membuat konsumen keberatan untuk
membeli virtual item di karenakan harga yang begitu tinggi dan mudah berubah-ubah. Lalu di
harapkan Tencent selaku pengembang PUBG M turut memperbaiki grafik PUBG M agar tidak
gampang frame drop sehingga dapat merusak kesenangan bermain.

Kata Kunci: Desain Produk, Harga virtual, Kepuasan Game, dan Repurchase Intention

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 09 Sep 2022 09:15
Last Modified: 09 Sep 2022 09:15
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8200

Actions (login required)

View Item View Item