Fadhilatin Ni’mah, Fadhilatin and Farida, Naili (2020) PENGARUH CUSTOMER VALUE DAN PRODUK WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG MELALUI WORD OF MOUTH (Studi pada Wisata Alam Pulau Panjang) / 111/adbis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
PENGARUH CUSTOMER VALUE DAN PRODUK WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG MELALUI WORD OF MOUTH
(Studi pada Wisata Alam Pulau Panjang)
Pariwisata adalah fenomena kemasyarakatan yang menyangkut manusia, masyarakat, kelompok, organisasi, kebudayaan, dan sebagainya, yang merupakan objek kajian sosiologi. Pariwisata berkembang karena adanya Gerakan manusia di dalam mencari sesuatu yang belum diketahuinya, menjelajahi wilayah yang baru, mencari perubahan suasana, atau untuk mendapat perjalanan baru. Wisata Alam Pulau Panjang merupakan destinasi wisata yang memiliki daya tarik bagi wisatawan, namun jumlah kunjungan wisatawan domestik selama lima tahun terakhir mengalami penurunan secara fluktuatif. Customer value dan produk wisata menjadi salah satu alasan pertimbangan wisatawan untuk keputusan berkunjung ke suatu tempat wisata. Hal ini juga patut menjadi fokus pengembangan tempat wisata seperti wisata alam Pulau Panjang.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh angka pengunjung wista alam Pulau Panjang yang cenderung fluktuatif. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh yang diberikan oleh customer value dan produk wisata terhadap keputusan berkunjung wisatawan melalui word of mouth sebagai variabel intervening. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden terdiri dari para pengunjung yang pernah mengunjungi Pulau Panjang minimal satu kali perjalanan. Teknik analisis kuantitatif yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji regresi dan uji signifikansi (uji T dan uji F).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, customer value mempengaruhi word of mouth, sedangkan produk wisata tidak memiliki pengaruh terhadap word of mouth. Namun, secara simultan customer value dan produk wisata berpengaruh terhadap word of mouth. Variabel word of mouth secara parsial mempengaruhi keputusan berkunjung dan terbukti dapat menjadi variabel intervening bagi keputusan berkunjung bila diuji secara simultan.
Kata Kunci : customer value, produk wisata, word of mouth, dan keputusan berkunjung
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | Users 162 not found. |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 04:06 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 08:40 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8193 |
Actions (login required)
View Item |