Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Maybelline di Semarang)/ 108/adbis/2020

Olivia, Gegahertzy Rindo and Ngatno, Ngatno (2020) Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Maybelline di Semarang)/ 108/adbis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
1-COVER.pdf - Published Version

Download (260kB)
[img] Text
2-BAB I.pdf - Published Version

Download (657kB)
[img] Text
3-BAB II.pdf - Published Version

Download (745kB)
[img] Text
4-BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (971kB)
[img] Text
5-BAB IV.pdf - Published Version

Download (14kB)
[img] Text
6-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (241kB)
[img] Text
7-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (685kB)

Abstract

ABSTRAKSI
Seiring perkembangan zaman, kosmetik seolah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian kaum wanita. Kosmetik merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi seorang wanita. Oleh karena itu, banyak perusahaan kosmetik yang berlomba memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cara mengeluarkan inovasi produk. Kualitas produk, menjadi faktor penting yang berpengaruh dalam penciptaan kepuasan pelanggan. Kualitas produk merupakan faktor penentu kepuasan pelanggan setelah melakukan pembelian dan pemakaian terhadap suatu produk. Kesuksesan Maybelline mendapatkan pelanggan tidak lepas dari peran promosi produk. Promosi yang ditawarkan sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, dengan cara-cara pemasaran yang dilakukan harus dapat menarik setiap konsumen yang ada dengan melakukan strategi pemasaran yang baik. Loyalitas pelanggan memiliki peranan penting dalam sebuah perusahaan, mempertahankan mereka berarti meningkatkan kinerja keuangan dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Maka dari itu, kualitas produk, promosi, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan dapat diduga menjadi factor penyebab fluktuasi pada Maybelline.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial kualitas produk menyumbang sebesar 60,2% dari kepuasan pelanggan, 54,5% variabel kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh variabel promosi, 71,9% variabel kualitas produk dan promosi mempengaruhi variabel kepuasan pelanggan, sebanyak 47,7% loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh kualitas produk, sebanyak 68,7% variable promosi mempengaruhi variable loyalitas pelanggan, dan sebanyak 61% variable loyalitas pelanggan dipengaruhi variabel kepuasan pelanggan.
Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan supaya pegawai Maybelline lebih informative kepada pelanggan sehingga pelanggan akan merasa tertarik kepada produk Maybelline. Selain itu Maybelline juga dapat membuat suatu inovasi produk agar pelanggan lebih tertarik untuk membeli produk Maybelline.

Kata Kunci : Kualitas Produk, Promosi, Loyalitas Pelanggan, dan Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 09 Sep 2022 02:53
Last Modified: 09 Sep 2022 02:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8186

Actions (login required)

View Item View Item