Siswanty, Yuliana Eka and Prihatini, Apriatni Endang (2020) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, BRAND IMAGE, DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK SARIAYU MARTHA TILAAR (Studi pada Konsumen Sariayu Martha Tilaar yang berada di Kota Semarang) /101/bisinis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengaruh Electronic Word of Mouth, Brand Image, dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Sariayu Martha Tilaar
(Studi pada Konsumen Sariayu Martha Tilaar yang berada di Kota Semarang)
ABSTRAKSI
Industri kosmetik di Indonesia berkembang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Banyaknya brand kosmetik yang ada di Indonesia membuat persaingan antar brand menjadi semakin ketat. Salah satu brand kosmetik yang sudah lama berada di Indonesia adalah Sariayu Martha Tilaar. Penjualan Sariayu Martha Tilaar mengalami penurunan yang cukup signifikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth, brand image, dan brand trust terhadap keputusan pembelian kosmetik Sariayu Martha Tilaar. Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research, pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling, dan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden konsumen Sariayu Martha Tilaar yang berada di Kota Semarang.Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif dengan uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linier sederhana danregresi linier berganda, signifikasi uji t dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan variabel electronic word of mouth, brand image, dan brand trust berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetikSariayu Martha Tilaar.Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi, masing-masing variabel memiliki hubungan yang kuat. Koefisien determinasi terbesar terdapat pada variabel brand trust terhadap keputusan pembelian kosmetik Sariayu Martha Tilaar sebesar 55,5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel electronic word of mouth, brand image, dan brand trust berada pada kategori baik, walaupun masih terdapat penilaian kurang baik terhadap variabel electronic word of mouth, yaitu ulasan kurang beragam, tidak banyak ulasan positif maupun negatif. Image terhadap brand, logo dan warna kurang dikenal, produk yang kurang beragam. Masih terdapat kurangnya kepercayaan bahwa brand dapat memberikan kepuasan, kepedulian perusahaan, serta produk belum sesuai dengan kebutuhan.Adapun saran yang dapat diberikan kepada perusahaanantara lain, pengembangan website Sariayu Martha Tilaar, menggunakan unsur Indonesia pada strategi branding, cepat dan tanggap mengikuti perkembangan kosmetik, komunikasi dan jaga hubungan baik dengan konsumen, pengembangan variasi produk, dan peningkatan kualitas produk.
Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Brand Image, Brand Trust, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | Users 162 not found. |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 01:36 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 01:36 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8154 |
Actions (login required)
View Item |