Amarazka, Vega and Dewi, Reni Shinta (2020) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada konsumen Portobello Cafe Sumurboto, Semarang) / 96/bisnis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKSI
Kehadiran teknologi membuat lompatan yang besar dalam semua industri, termasuk salah satunya di bidang Food & Beverage. Makanan adalah kebutuhan primer manusia yang harus dipenuhi. Maka itu, perkembangan di sektor ini terus meningkat karena ragamnya inovasi produk makanan yang selalu dilakukan oleh pelaku bisnis. Portobello adalah restoran lokal yang menawarkan menu western seperti pasta, pizza dan lainnya serta makanan lokal yang berlokasi di Semarang, Indonesia. Berdasarkan data penjualan yang didapat, dari tahun 2015 sampai 2019 Portobello mengalami pendapatan yang fluktuatif. Maka dari itu, kualitas produk dan e-wom dapat diduga menjadi faktor penyebab fluktuasi tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan e-wom terhadap keputusan pembelian pada konsumen Portobello, Sumurboto. Tipe penelitian adalah eksplanatory research dan pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling, purposive sampling dan accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan google form. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden konsumen Portobello, Sumurboto Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan sistem statistik SPSS versi 20 danmenggunakan analisis kuantitatif dengan uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi sederhana dan berganda, signifikansi uji t dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas produk menyumbang sebesar 36,7% terhadap keputusan pembelian dan e-WOM menyumbang sebesar 13,3% terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan, variabel kualitas produk dan e-wom menyumbang sebesar 40% terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan Uji F, variabel kualitas produk dan e-wom berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Portobello.
Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan bahwa Portobello harus mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk yang ditawarkan dengan menambah inovasi yang anti-mainstream ataupun citra rasa yang ditingkatkan. Customer relation yang dibangun harus diperkuat dan dioptimalkan dengan memanfaatkan sosial media yang luas. Hal ini agar konsumen yang menggunakan hanya beberapa media sosial dapat terjangkau semua dan terlebih informasi mengenai Portobello dapat tersebar luas di media sosial.
Kata kunci: Kualitas Produk, E-WOM¸dan Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | Users 162 not found. |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 04:05 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 04:05 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8147 |
Actions (login required)
View Item |