Search for collections on Undip Repository

PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA, TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOYOTA RUSH MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Toyota Rush di Nasmoco Kota Semarang) / 69/bisnis/2020

Prasetya, Michael Aditya Kurniawan and Budiatmo, Agung (2020) PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA, TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOYOTA RUSH MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Toyota Rush di Nasmoco Kota Semarang) / 69/bisnis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada KonsumenToyota Rush di Nasmoco Kota Semarang)

ABSTRAKSI
Dunia industri otomotif di Indonesia telah berkembang dengan pesat, hal ini menyebabkan kondisi persaingan dunia bisnis otomotif ini bertambah ketat. Toyota adalah salah satu merek mobil yang beredar di indonesia dan juga sebagai market leader dalam dunia industri otomotif. Keputusan pembelian adalah suatu tahapan dimana konsumen benar-benar membeli sebuah produk yang ditawarkan. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian, diantaranya adalah citra merek, harga dan minat beli.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening Toyota Rush di Nasmoco Semarang. Tipe penelitian ini adalah explanatory research. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability dan purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 responden yang merupakan yang merupakan pengguna dan pembeli Toyota Rush di Nasmoco Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan teknik analisis dengan uji validitas, reliabilitas, tabulasi silang, koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi, uji t dengan aplikasi SPSS versi 21.0 serta analisis sobel untuk menguji pengaruh variabel intervening.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, terdapat pengaruh positif dan signifikan citra merek terhadap keputusan pembelian melalui minat beli, terdapat pengaruh positif dan signifikan harga terhadap keputusan pembelian melalui minat beli.
Saran yang diberikan agar dapat meningkatkan keputusan pembelian adalah dengan perbaikan pada variabel citra merek, harga dan minat beli. Pada aspek citra merek, perusahaan perlu menguatkan konsep “freedom unlimited” agar lebih diterima di masyarakat. Pada aspek harga, perusahaan perlu meninjau ulang harga yang menurut konsumen masih cukup terjangkau, agar perusahaan menetapkan harga yang sesuai dengan pendapatan masyarakat di kota semarang. Pada aspek keputusan pembelian perusahaan dapat meningkatkan nilai-nilai citra merek, harga, dan minat beli sehingga memberikan dampak positif bagi penjualan mobil Toyota Rush.
Kata Kunci: Citra Merek, Harga, Minat Beli, dan Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: Users 162 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:36
Last Modified: 08 Sep 2022 03:26
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8113

Actions (login required)

View Item View Item