Puspitaningtyas, Khunaifa and Hermani DS, Agus (2020) PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (STUDI PADA PO. TUNGGAL DARA PUTERA RUTE WONOGIRI-JAKARTA) /63/adbis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Full text not available from this repository.Abstract
PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN
(Studi Pada PO. Tunggal Dara Putera Rute Wonogiri-Jakarta)
ABSTRAK
Perusahaan transportasi bus yang ada di Kabupaten Wonogiri sangat beragam khususnya transportasi bus malam antar kota antar provinsi. Setiap perusahaan transportasi bus malam berlomba lomba untuk memenangkan persaingan, untuk memenangkan persaingan dibutuhkan adanya loyalitas konsumen. Loyalitas yang diperlukan suatu perusahaan untuk memenangkan persaingan adalah loyalitas yang tinggi. Loyalitas yang tinggi dapat pengaruhi oleh citra merek yang baik dan kualitas pelayanan yang baik. Menurut data keberangkatan pada PO. Tunggal Dara Putera Rute Wonogiri-Jakarta menunjukkan adanya penurunan keberangkatan tiap tahunnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara citra merek dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen PO. Tunggal Dara Putera Rute Wonogiri-Jakarta. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara kepada 100 responden yang pernah menaiki PO. Tunggal Dara Putera sebanyak minimal 2 kali. Metode analisis data yang digunakan adalah analissis regresi dengan menggunakan aplikasi SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, terdapat pengaruh citra merek dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen.
Saran yang diberikan kepada PO. Tunggal Dara Putera pada aspek citra merek, diperlukan perbaikan dan pembaharuan dalam membentuk ciri khas armada yang terletak pada warna cat dan font pada body bus agar mudah dikenali dan tertanam dibenak konsumen. Pada aspek kualitas pelayanan melakukan pembaharuan fasilitas-fasilitas yang digunakan agar tidak terkesan sebagai armada tua dan kalah dari perusahaan otobus lain yang memiliki fasilitas yang lebih baru. Pada aspek loyalitas konsumen memberikan potongan harga atau giveaway kepada penumpang lama sehingga kedekatan antara perusahaan dan penumpang menjadi dekat dan akan menjaga loyalitas konsumen yang ada.
Kata Kunci: Citra merek, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Konsumen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | Users 162 not found. |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 07:57 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 03:42 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8102 |
Actions (login required)
View Item |