Search for collections on Undip Repository

PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND AWARENESS DAN PRODUCT QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP MEREK ASUS (Studi Pada Konsumen Laptop merek Asus di Plasa Simpang Lima Semarang) /62/adbis/2020

Asnain, Khafid and Widiartanto, Widiartanto (2020) PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND AWARENESS DAN PRODUCT QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP MEREK ASUS (Studi Pada Konsumen Laptop merek Asus di Plasa Simpang Lima Semarang) /62/adbis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (703kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (975kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (396kB)
[img] Text
Bab III_khafid.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAKSI

Saat ini, kebutuhan akan teknologi semakin berkembang dari waktu ke waktu secara pesat. Sehubungan dengan hal tersebut kebutuhan akan produk teknologi saat ini seolah telah bergeser menjadi kebutuhan primer, seperti halnya kebutuhan akan pangan dan sandang. Dengan kata lain, kebutuhan akan teknologi menjadi sesuatu yang wajib dimiliki karena teknologi dapat memudahkan konsumen untuk mengakses informasi, melakukan suatu pekerjaan tertentu, atau yg lainnya. Oleh karena itu, kebutuhan terhadap produk teknologi menjadi meningkat. Ditengah persaingan yang ketat tersebut, Asus sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi mengalami penurunan. Untuk menghadapi para pesaingnya diperlukan tingkat keputusan pembelian yang tinggi. Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian yaitubrand image, brand awareness dan product quality, dimana brand image dan brand awareness yang masih rendah dan tingkat kualitas product quality yang kurang ditingkatkan. Dengan hal ini, jika dibiarkan maka akan menjadi penghambat tercapainya tujuan perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, brand awareness dan product quality terhadap keputusan pembelian produk laptop merek Asus. Tipe penelitian adalah explanatory research. Teknik pengambilan sample yaitu menggunakan teknik nonprobability sampling, dan teknik purposive sampling. Selanjutnya, pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden sebagai konsumen laptop merek Asus. Kemudian penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif dengan uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi sederhana dan berganda, signifikasi uji t dan uji f.
Hasil penelitian menunjukkan variabel brand image, brand awareness dan product quality berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk laptop merek Asus. Oleh karena itu, koefisien korelasi variabel brand image, brand awareness dan product quality terhadap keputusan pembelian memiliki hubungan yang signifikan. Sementara itu, koefisien determinasi variabel brand image terhadap keputusan pembelian produk laptop merek Asus sebesar 18,6%, koefisien determinasi variabel brand awareness terhadap keputusan pembelian pembelian produk laptop merek Asus sebesar 21.6% dan koefisien determinasi variabel product quality terhadap keputusan pembelian pembelian produk laptop merek Asus sebesar 40,7%.
Dari hasil penelitian tersebut diberikan beberapa saran yang dapat dilakukan Asus dalam mengembangkan produk teknologi mereka, khususnya laptop. Pertama, Asus perlu meningkatkan brand image and brand awarenessagar kesan konsumen terhadap Asus sebagai salah satu merek laptop terbaik di Indonesia semakin baik and lebih kuat. Kedua, Asus perlu meningkatkan product quality laptop mereka sehingga dapat bersaing dengan produk laptop dari merek lain.

Kata Kunci: Brand Image, Brand Awareness, Product Quality, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 06 Sep 2022 07:57
Last Modified: 09 Sep 2022 08:27
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8100

Actions (login required)

View Item View Item